Siapa Pantas Pimpin PSSI? Survei Indikator Ungkap Pilihan Responden

ADVERTISEMENT

Siapa Pantas Pimpin PSSI? Survei Indikator Ungkap Pilihan Responden

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 13 Nov 2022 17:45 WIB
Direktur Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi memaparkan hasil survei kepuasan 3 tahun  pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta, Rabu (11/10/2017). Hasilnya, 7,95 persen mengatakan sangat puas dan 60,3 persen memilih cukup puas terhadap kinerja Jokowi. Sisanya, 27,23 persen, mengatakan kurang puas dan 2,26 persen mengatakan tidak puas sama sekali. Hadir dalam rilis survei tersebut, politisi Partai Demokrat Roy Suryo, politisi PDIP Puti Guntur Soekarno, dan politisi Partai Gerinda Nizar Zahro. (Ari Saputra/detikcom)
Burhanuddin Muhtadi (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei tentang reformasi PSSI usai Tragedi Kanjuruhan. Muncul delapan nama yang dinilai pantas menjadi Ketua Umum PSSI baru, yang di tingkat teratas salah satunya adalah Erick Thohir.

Survei tersebut dilakukan pada 30 Oktober-5 November 2022 dengan mewawancarai 1.220 responden secara tatap muka. Metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling.

Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional, dengan asumsi metode simple random sampling, margin of error (MoE) survei sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Adapun, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei ini dilakukan.

Responden diberi pertanyaan yang berbunyi, 'di antara nama-nama berikut, menurut Ibu/Bapak siapa yang paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI?... (%)'.

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, sebanyak 24,1% responden memilih Erick Thohir sebagai sosok yang pantas menjadi Ketum PSSI. Kemudian, disusul oleh Najwa Shihab 10,4% dan Kaesang Pangarep 5,8%.

Adapun, nama Ketum PSSI pertahana, Mochamad Iriawan berada di urutan keempat sebanyak 5,4%. Berikut rinciannya:

1. Erick Thohir: 24,1%
2. Najwa Shihab: 10,4%
3. Kaesang Pangarep: 5,8%
4. Mochamad Iriawan (Iwan Bule): 5,4%
5. M Mahfud MD: 4,9%
6. Azrul Ananda 3,0%
7. La Nyalla Mattalitti: 2,1%
8. Ratu Tisha Destria: 1,3%
9. Lainnya: 0,4%
10. tak tahu: 42,7%

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, nama Menteri BUMN itu unggul di seluruh kelompok demografi responden. Kendati begitu, keunggulannya tak mencapai angka 50%.

"Secara umum Erick unggul dari semua demografi, Minang juga unggul dia. Intinya, Erick unggul tapi keunggulannya masih di bawah 50%," kata Burhanuddin dalam konferensi pers, Minggu (13/11/2022).

Selanjutnya, simulasi calon Ketum PSSI dikerucutkan menjadi 3 nama, yaitu Erick Thohir, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti dan Ketum PSSI pertahana, Iwan Bule. Hasilnya, Erick Thohir kembali unggul. Berikut rinciannya:

1. Erick Thohir: 40%
2. La Nyalla Mattalitti: 5,1%
3. Iwan Bule: 8,4%
4. 46,5% tak menjawab

"Ini 3 nama juga tidak ada perubahan berarti, pemilih Najwa Shihab dan lain-lain yang tidak ada di simulasi 3 nama cenderung lari ke Erick Thohir, dibandingkan ke La Nyalla atau Iwan Bule," jelas Burhanuddin.

Lalu, bagaimana dengan simulasi tokoh yang paling pantas menjadi Ketum PSSI secara head to head (2 nama)? Begini hasilnya:

Erick Thohir vs La Nyalla:
1. 45,4% Erick Thohir
2. 6,2% La Nyalla Mattalitti
3. 48,4% tak menjawab

Erick Thohir vs Iwan Bule:
1. 43,8% Erick Thohir
2. 9,3% Iwan Bule
3. 46,8% tak menjawab

"Kalau mau di head to head kan, kalau lawannya La Nyalla, Erick Thohir menang telak di mata warga. Lawan Iwan Bule juga lebih telak," ujarnya.

Lihat juga Video: Komnas HAM Beri Waktu PSSI Benahi Lisensi Dalam 3 Bulan

[Gambas:Video 20detik]



(yld/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT