Hari Ayah, KPAI Bicara Figur Pendidik dan Pelindung Anak

ADVERTISEMENT

Hari Ayah, KPAI Bicara Figur Pendidik dan Pelindung Anak

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 13 Nov 2022 02:49 WIB
Ketua KPAI Susanto
Foto: Ketua KPAI Susanto (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto berbicara mengenai sosok ayah di mata anak. Menurutnya, ayah merupakan figur pendidik dan pelindung bagi anak-anaknya.

"Ayah merupakan figur pendidik dan pelindung bagi anak. Ia merupakan referensi nilai bagi anak. Maka jadilah sosok yang dicintai oleh anak bukan menakutkan," kata Susanto melalui keterangan tertulis, Minggu (13/11/2022).

Susanto menilai seorang ayah harus bisa menjadi sosok yang ditunggu kehadirannya. Penting untuk menjadi sosok ayah yang hangat dan tak berjarak.

"Jadilah sosok yang hangat bagi anak bukan sosok yang berjarak. Jadilah sosok yang selalu ditunggu kehadirannya, bukan sosok yang justru tak dikehendaki dekat dengan anak," ujarnya.

Susato mengatakan saat ini banyak anak secara psikis berjarak dengan ayahnya. Meski secara fisik dekat. Dia menyebut Fatherless rentan menghambat pertumbuhan anak.

"Saat ini tak sedikit ayah secara fisik dekat namun secara psikis berjarak dengan anak. Karena fatherless dalam banyak studi rentan menghambat tumbuh kembang anak.

"Selamat hari ayah. semoga semua ayah di Indonesia menjadi sosok ayah hebat," imbuhnya.

(dek/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT