Sisi Lain KTT G20, Cerita Sopir Bus Listrik Ikut Seleksi hingga Diklat

ADVERTISEMENT

KTT G20

Sisi Lain KTT G20, Cerita Sopir Bus Listrik Ikut Seleksi hingga Diklat

Antara - detikNews
Sabtu, 12 Nov 2022 16:11 WIB
Bus listrik E-Inobus yang akan digunakan untuk mengangkut delegasi KTT G20 di Bali.
Bus listrik E-Inobus yang akan digunakan untuk mengangkut delegasi KTT G20 di Bali. (Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)
Jakarta -

Sopir bus Damri listrik di KTT G20 Bali ternyata berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka diseleksi hingga mengikuti pendidikan dan pelatihan sebelum diterjunkan di KTT G20 Bali.

Salah satu sopir bus listrik asal Jakarta bernama M Soleh mengatakan pihak perusahaan memilih sumber daya pengemudi terbaik dari masing-masing daerah yang disaring melalui seleksi.

"Kami melalui seleksi, lalu mengikuti diklat. Kami berasal dari banyak daerah, ditarik ke Bali," kata Soleh seperti dilansir Antara, Sabtu (12/11/2022).

Seleksi lebih mengutamakan pada kemampuan mengoperasionalkan bus listrik, termasuk juga sikap para sopir. Soleh sudah berada di Bali sejak 25 Oktober 2022 untuk mempelajari dan menghafal rute bus listrik yang akan dioperasikannya.

Selanjutnya Soleh mengajarkan rute bus kepada pengemudi lain yang tiba di Bali setelahnya. "Ini saya lagi mengajak rekan pengemudi untuk belajar rute, supaya hafal. Semua pengemudi ini kesulitan awalnya, tidak hafal rute dan jalan," ungkap Soleh.

Bus Damri listrik yang diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (Inka) dapat menempuh jarak sekitar 160 kilometer dalam kondisi baterai penuh sebelum harus kembali ke pangkalan untuk melakukan pengisian daya.

"Untuk pengecasan biasanya satu jam saja sudah bisa beroperasi kembali," tuturnya.

Soleh mengatakan bus Damri listrik beroperasi hingga KTT G20 berakhir. Khusus pada 15-17 November 2022, operasi bus pada pukul 06.00-08.00 Wita akan langsung menuju titik-titik penting KTT G20.

"Pada 15-17 November 2022, bus akan melakukan pelayanan normal setelah jam 08.00 Wita," ucap dia.

Sopir bus listrik Damri lainnya bernama Alip menyampaikan cara terbaik menghafal rute jalan adalah ikut mengemudikan bus sendiri, namun tetap dipantau oleh pengemudi yang sudah hafal rute.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT