Apa Itu COP27? Ini Penjelasan dan Serba-serbi Acara Tahun 2022

ADVERTISEMENT

Apa Itu COP27? Ini Penjelasan dan Serba-serbi Acara Tahun 2022

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Sabtu, 12 Nov 2022 11:22 WIB
COP27 adalah konferensi dibawah naungan PBB yang membahas kondisi iklim di seluruh dunia. Kegiatan resmi ini diikuti oleh berbagai negara, termasuk Indonesia.
COP27 2022 di Mesir (Foto: cop27.eg)
Jakarta -

COP27 adalah konferensi di bawah naungan PBB yang membahas kondisi iklim di seluruh dunia. Kegiatan resmi ini diikuti oleh berbagai negara, termasuk Indonesia.

Forum ini menghadirkan para pemimpin negara untuk berkumpul membicarakan masa depan bumi. Simak serba-serbi COP27 berikut ini.

COP27 adalah Apa? Cek Artinya di Sini

Dilansir situs resmi United Nations Framework on Climate Change (UNFCCC), COP (Conference of Parties) adalah badan pembuat keputusan tertinggi sebuah konvensi atau kesepakatan dari UNFCCC. Tugas utama COP adalah meninjau pelaksanaan UNFCCC dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan memerangi perubahan iklim.

COP27 adalah konferensi iklim PBB tahun 2022 yang dilaksanakan di Egypt, Mesir. COP dilakukan setiap tahun di negara yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

COP27 adalah konferensi dibawah naungan PBB yang membahas kondisi iklim di seluruh dunia. Kegiatan resmi ini diikuti oleh berbagai negara, termasuk Indonesia.COP27 adalah konferensi dibawah naungan PBB yang membahas kondisi iklim di seluruh dunia. Kegiatan resmi ini diikuti oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. (Foto: Elvan Dani Sutrisno)

Sejarah Berdirinya COP

COP diresmikan melalui Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bumi di Rio de Janeiro, Brasil pada tahun 1992. Kemudian, konferensi COP diadakan pertama kali di Berlin, Jerman pada bulan Maret 1995.

COP menjadi agenda tahunan yang diadakan di negara berbeda. Indonesia pernah menjadi tuan rumah COP13 pada tahun 2007, tepatnya di Bali. Hingga saat ini, ada 197 negara yang mengikuti konferensi COP setiap tahunnya.

COP sebagai badan resmi sudah menghasilkan beberapa perjanjian internasional, yaitu berupa Perjanjian Paris (Paris Agreement) dan Protokol Kyoto (Kyoto Protocol).

Perjanjian Paris oleh COP

Perjanjian Paris diresmikan pada 12 Desember 2015 sebagai langkah baru dalam memerangi perubahan iklim. Tujuan utama Perjanjian Paris adalah untuk memperkuat respons global terhadap ancaman perubahan iklim dengan menjaga kenaikan suhu global abad ini.

Suhu tersebut diupayakan berada jauh di bawah 2 derajat Celcius serta membatasi kenaikan suhu lebih jauh hingga 1,5 derajat Celcius. Kesepakatan tersebut juga bertujuan untuk memperkuat kemampuan negara-negara dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

Apa Itu Protokol Kyoto?

Protokol Kyoto ditetapkan pada 11 Desember 1997. Protokol Kyoto secara hukum mengikat negara-negara maju sebagai target pengurangan emisi gas rumah kaca.

Periode pertama Protokol Kyoto dimulai pada tahun 2008 dan berakhir pada tahun 2012. Selanjutnya, periode kedua Protokol Kyoto dimulai pada tanggal 1 Januari 2013 dan berakhir pada tahun 2020.

Pelaksanaan COP27 di Mesir

COP27 adalah konferensi UNFCCC tahun 2022 yang berlangsung di Sharm el-Sheikh, Egypt, Mesir. Periode pelaksanaannya dimulai pada 6-17 November 2022.

Pertemuan COP27 Mesir berfokus pada tantangan iklim global. Acara ini juga sebagai forum diskusi untuk mengatasi ancaman iklim di seluruh dunia.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT