Bupati Meranti Absen Rakor Mendagri karena Protes Anggaran ke Gubri

ADVERTISEMENT

Bupati Meranti Absen Rakor Mendagri karena Protes Anggaran ke Gubri

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 11 Nov 2022 13:38 WIB
Mendagri Tito Karnavian saat menghadiri rapat koordinasi kepala daerah se-Provinsi Riau di Pekanbaru.
Mendagri Tito saat menghadiri rapat koordinasi bersama kepala daerah se-Riau (Raja Adil Siregar/detikSumut)
Jakarta -

Pemkab Kepulauan Meranti membenarkan Bupati Meranti Muhammad Adil melarang camat hingga lurah hadir dalam rapat koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Larangan itu disampaikan Adil kepada seluruh camat dan lurah.

"Iya arahannya seperti itu (camat dan lurah dilarang hadir oleh Bupati)," kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Kepulauan Meranti Yusran, dilansir detikSumut, Jumat (11/11/2022).

Yusran menyebut larangan itu sebagai bentuk protes terkait dengan anggaran. Dia menilai kebijakan Gubernur Riau Syamsuar tidak berpihak kepada masyarakat Kepulauan Meranti.

"Yang jelas Bupati tidak hadir karena di situ bisa dikatakan itu bentuk protes terkait anggaran. Bahkan saat itu kita baru saja paripurna, Pak Bupati rapat sama OPD-OPD yang harus disiapkan tanggal 30 November ini," katanya.

Diketahui, tidak satu pun perwakilan dari Pemkab Kepulauan Meranti hadir di rapat koordinasi kepala daerah se-Provinsi Riau, termasuk bupatinya, yakni Muhammad Adil. Kegiatan yang digelar di Hotel Grand Centeral pada Selasa (8/11) itu dihadiri langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

Saat itulah, Tito langsung meminta Gubernur Riau Syamsuar dan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir Balaw mengecek alasan Adil tidak hadir.

Baca berita selengkapnya di sini.

(whn/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT