ADVERTISEMENT

Dubes RI: Pembelian Gereja di Madrid oleh Muhammadiyah Masih Nego

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 10 Nov 2022 16:43 WIB
Suasana kota Madrid
Foto ilustrasi, tidak berhubungan langsung dengan berita: Suasana Kota Madrid, Spanyol. (Dadan Kuswaraharja/detikcom)
Jakarta -

Ormas Muhammadiyah cabang Jawa Timur mau membeli sekolah-gereja di Alcala, Madrid, Spanyol. Sampai saat ini, pihak penjual dan pembeli masih mencari harga pas.

"Masih negosiasi," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Spanyol, Muhammad Najib, kepada detikcom, Kamis (10/11/2022).

Dia menjelaskan pemilik sekolah dan gereja di pinggiran Madrid itu memang ingin menjual propertinya. Soalnya, sekolah sudah lama tidak mendapat murid dan jumlah jemaat gereja semakin berkurang. Sekolah dan gereja akan dipindahkan pemilik ke lokasi lain yang lebih cocok.

"Sebenarnya sejak saya tiba di Madrid saya sudah dapat info dan dimintai tolong untuk dicarikan pembeli," kata Najib.

Gayung bersambut. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur berkunjung ke Madrid pada Oktober lalu. Maka kemudian, tawaran pembelian kompleks sekolahan dan gereja itu diambil oleh Muhammadiyah Jatim. Ini bukan pertama kali Muhammadiyah melebarkan sayapnya ke luar negeri.

"Sebelumnya, sudah saya komunikasikan ke Sekjen Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti, dan beliau mendukung sekaligus mengingatkan bahwa Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah memulainya dengan dua proyek di Australia dan Malaysia, maka jika ini (di Madrid) jadi, maka ia menjadi proyek Muhammadiyah di Eropa," tutur Najib.

Dubes RI untuk Spanyol, Muhammad Najib. (Dok pribadi M Najib)Dubes RI untuk Spanyol, Muhammad Najib. (Dok pribadi M Najib)

Dia berharap langkah Muhammadiyah Jatim diikuti Pimpinan Wilayah Muhammadiyah daerah lainnya untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Dia yakin masyarakat global bakal menerima kehadiran Muhammadiyah dan ormas-ormas Islam lain yang membawa wajah Islam Indonesia.

"Wajah Islam Indonesia yang ramah, toleran, dan membawa kebaikan pada semua bangsa di dunia," ujarnya.

(dnu/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT