Komisi III DPR Kembali Bahas RKUHP 21-22 November

ADVERTISEMENT

Komisi III DPR Kembali Bahas RKUHP 21-22 November

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 10 Nov 2022 14:03 WIB
Gaya Sederhana Ahmad Sahroni yang Suka Makan Nasi Bungkus
Foto: Instagram
Jakarta -

Komisi III DPR bakal kembali menggelar rapat untuk melanjutkan proses pembahasan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyampaikan pihaknya menjadwalkan rapat pada 21-22 November.

"Pembahasan RKUHP hari Senin dan Selasa, 21 dan 22 November 2022," kata Sahroni kepada wartawan, Kamis (10/11/2022).

Sahroni mengatakan rapat pengambilan keputusan tingkat I masih belum dijadwalkan. "Belum, nih," katanya singkat.

Sementara itu, anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufik Basari mengatakan rapat pengambilan keputusan tingkat I dijadwalkan pada 22 November. Meski begitu, menurut dia, rencana soal kesepakatan itu masih bisa berubah.

"Saya juga berharap ada pembahasan dengan waktu yang cukup. Namun berdasarkan agenda yang disusun dijadwalkan tanggal 22 pengambilan keputusan tingkat I. Tetapi agenda sidang biasanya juga tentative mengikuti dinamika pembahasan. Jika ternyata ada kebutuhan untuk pendalaman substansi dengan melibatkan masyarakat tentu itu lebih baik," kata Taufik kepada wartawan.

Diketahui, Kemenkumham telah menyerahkan naskah RKUHP versi 9 November ke Komisi III DPR dalam rapat penyerahan naskah RKUHP, Rabu (9/11). Wamenkumham Edward OS Hiariej atau Eddy mengatakan draf versi 9 November mengadopsi sebanyak 49 masukan masyarakat dan 4 proofreader terhadap Batang Tubuh dan Penjelasan. Masukan-masukan itu didapat dari dialog publik di 11 kota.

Rapat menyimpulkan naskah RKUHP yang diterima komisi akan dibahas kembali pada 21-22 November.

"Rapat kerja Komisi III DPR dengan Menkumham, Komisi III DPR menerima naskah RKUHP hasil sosialisasi dan dialog untuk dilanjut pembahasan 21-22 November 2022," kata anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra Sari Yuliati saat membacakan kesimpulan di akhir rapat.

(fca/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT