KPK Pastikan Penyidikan Kasus di MA Tak Terpengaruh Pengamanan Militer

ADVERTISEMENT

KPK Pastikan Penyidikan Kasus di MA Tak Terpengaruh Pengamanan Militer

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 09 Nov 2022 23:13 WIB
Ali Fikri
Ali Fikri (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK terus melakukan penyidikan kasus suap penanganan perkara di lingkungan Mahkamah Agung (MA) yang menjerat Hakim Sudrajat Dimyati. KPK mengatakan pihaknya tak terpengaruh dengan pengamanan di MA.

"Penyidikan yang sedang dilakukan oleh KPK tentu tidak terpengaruh dengan kebijakan pengamanan di lingkungan MA," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada detikcom, Rabu (9/11/2022).

Dia menambahkan, hingga saat ini proses penyidikan masih terus berlangsung. Termasuk, penyidik terus mengumpulkan alat bukti.

"Proses penyidikan tetap berjalan. Pengumpulan dan melengkapi alat bukti terus kami lakukan," ujar dia.

Ali juga optimistis pihak Mahkamah Agung juga setuju dengan upaya KPK dalam menuntaskan perkara tersebut.

"Kami juga yakin MA tetap mendukung upaya KPK dalam rangka menuntaskan perkara tersebut," terang Ali.

Tak hanya itu, Ali menyebut pihaknya bakal terus menyampaikan perkembangan terkait perkara yang terjadi di lingkungan kehakiman tersebut.

"Kami pastikan proses penyidikan yang sedang KPK lakukan juga selalu kami sampaikan ke publik sebagai bentuk transparansi kerja-kerja KPK," jelas Ali.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan tersangka baru. Penetapan status tersangka ini buntut kasus suap penanganan perkara Hakim Agung Sudrajad Dimyati.

Hal tersebut disampaikan oleh sumber detikcom. Sumber itu menyebut saat KPK ini telah mengantongi 1 nama yang telah ditetapkan jadi tersangka.

"KPK kembali menetapkan tersangka," kata sumber tersebut kepada detikcom, Rabu (9/11).

Sumber ini mengatakan tersangka baru itu memiliki kaitan erat dengan Sudrajad Dimyati, hakim agung nonaktif yang telah lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Dalam keterangan terpisah sebelumnya, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri memastikan penyidikan perkara di lingkungan MA ini bakal terus berlangsung. Pernyataan itu disampaikan Ali usai dikonfirmasi pernyataan Jubir MA Andi Samsan Nganro terkait pengamanan di MA bakal dilakukan oleh pihak TNI.

"Kami yakini kebijakan tersebut tentu tidak ada kaitannya dengan kegiatan KPK beberapa waktu yang lalu di gedung MA. KPK dalam melakukan pengumpulan bukti tentu dengan berbagi strategi di antaranya melalui upaya paksa penggeledahan," kata Ali Fikri.

Simak selengkapnya pada halaman berikut.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT