Sejarah Peristiwa 10 November Secara Singkat, Yuk Disimak

ADVERTISEMENT

Sejarah Peristiwa 10 November Secara Singkat, Yuk Disimak

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 09 Nov 2022 17:40 WIB
Peristiwa 10 November secara singkat banyak dicari jelang peringatan Hari Pahlawan. Momentum bersejarah itu menjadi latar belakang Hari Pahlawan setiap tahun.
Ilustrasi peristiwa 10 November 1945 (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Peristiwa 10 November secara singkat banyak dicari jelang peringatan Hari Pahlawan. Seperti diketahui, momentum bersejarah tersebut menjadi latar belakang adanya Hari Pahlawan setiap tahun.

Lantas, bagaimana awal mula peringatan Hari Pahlawan 10 November? Berikut penjelasannya.

Peristiwa 10 November Secara Singkat: Bermula dari Pertempuran Surabaya

Sejarah singkat peristiwa 10 November tercantum dalam Pedoman Hari Pahlawan Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Hari Pahlawan bermula dari pertempuran Surabaya tanggal 10 November 1945.

Pertempuran tersebut terjadi antara pasukan Indonesia melawan pasukan Inggris usai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Momentum 10 November itu adalah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Peristiwa 10 November secara singkat banyak dicari jelang peringatan Hari Pahlawan. Momentum bersejarah itu menjadi latar belakang Hari Pahlawan setiap tahun.Peristiwa 10 November secara singkat banyak dicari jelang peringatan Hari Pahlawan. Momentum bersejarah itu menjadi latar belakang Hari Pahlawan setiap tahun. (Foto: Edi Wahyono/detikcom)

Sempat Terjadi Gencatan Senjata

Dalam peperangan tersebut, pihak Indonesia dan pihak Inggris sempat menandatangani gencatan senjata pada 29 Oktober 1945. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gencatan senjata adalah penghentian tembak-menembak dalam perang.

Inggris Keluarkan Ultimatum 10 November 1945

Gencatan senjata tersebut tidak berlangsung lama. Puncak bentrokan terjadi akibat terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945.

Kematian Jendral Mallaby ini memicu kemarahan pihak Inggris kepada Indonesia. Pengganti Jenderal Mallaby, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945. Berikut isi ultimatum tersebut.

  1. Pihak Indonesia diminta untuk menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA. Apabila Indonesia tidak menaati ultimatum tersebut, ada ancaman gempuran ke kota Surabaya dari darat, laut, dan udara.
  2. Semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945 pukul 06.00 pagi pada tempat yang telah ditentukan.

Ultimatum itu tidak ditaati oleh rakyat Surabaya. Akibatnya, terjadilah pertempuran Surabaya tanggal 10 November 1945 selama lebih kurang tiga minggu lamanya.

Pertempuran 'Neraka' 10 November 1945

Medan perang 10 November 1945 di Surabaya mendapat julukan "neraka" karena menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Perang tersebut juga menimbulkan korban jiwa dengan rincian sebagai berikut.

  • Sekitar 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban yang sebagian besar adalah warga sipil
  • Selain itu, 150.000 orang terpaksa meninggalkan kota Surabaya
  • Sekitar 1600 orang prajurit Inggris tewas, hilang dan luka-luka
  • Puluhan alat perang rusak dan hancur.

Penetapan Hari Pahlawan 10 November

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Peringatan tersebut adalah bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang.

Demikian ulasan peristiwa 10 November secara singkat. Selamat Hari Pahlawan!

Saksikan juga d'Mentor on Location: Hitung-hitungan Untung Bisnis Laundry

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT