ADVERTISEMENT

Sejarah Singkat Hari Pahlawan 10 November, Cari Tahu di Sini!

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 14:14 WIB
Selamat hari pahlawan nasional. Translation: Happy Indonesian National Heroes day. vector illustration for greeting card, poster and banner.
Sejarah Singkat Hari Pahlawan 10 November, Cari Tahu di Sini! -- ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Agus)
Jakarta -

Sejarah singkat Hari Pahlawan 10 November penting diingat kembali untuk mengenang jasa pahlawan dalam membela tanah air. Penetapan Hari Pahlawan memang tak lepas dari perjuangan para pahlawan di masa lalu.

Sejarah Hari Pahlawan tak bisa dilepaskan dari perlawanan bangsa Indonesia terhadap tentara Inggris. Saat itu, pertempuran terjadi di Surabaya selama tiga minggu.

Sebab itulah, kota Surabaya menjadi saksi sejarah di balik peringatan Hari Pahlawan. Beberapa tokoh pun diabadikan untuk mengenang sekaligus menghargai perjuangan mereka.

Untuk mengulas sejarah singkat Hari Pahlawan 10 November, detikcom sudah merangkumnya. Mari simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Singkat Hari Pahlawan 10 November: Terjadi Pertempuran Besar di Surabaya

Merujuk pada Pedoman Hari Pahlawan 2021 yang diterbitkan Kementerian Sosial RI, penetapan Hari Pahlawan bermula dari peristiwa 10 November 1945. Kala itu, pihak Indonesia dan tentara Inggris bertempur selama tiga minggu. Pertempuran ini menjadi pertempuran terberat dalam sejarah revolusi nasional yang menjadi simbol atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Meski pada 29 Oktober 1945 gencatan senjata antara kedua pihak sudah ditandatangani, namun bentrokan bersenjata masih saja terjadi. Puncak bentrokan itu terjadi sejak Brigadir Jenderal Mallaby terbunuh. Saat itu, dia merupakan pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur.

Kematiannya menyebabkan bangsa Inggris mengamuk. Akibatnya, Jenderal Eric Carden Robert Mansergh menggantikan posisi Mallaby. Dia pun mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945 yang meminta pihak Indonesia menyerahkan senjata, menghentikan perlawanan terhadap tentara AFNEI dan administrasi NICA, serta ancaman akan menggempur kota Surabaya. Ancaman ini dilakukan kalau Indonesia tidak mematuhi perintah Inggris.

Mereka juga memerintahkan pimpinan bangsa Indonesia dan pemuda di Surabaya datang ke tempat yang telah ditentukan, selambat-lambatnya 10 November 1945 pukul 06.00 pagi. Namun bangsa Indonesia melanggar Ultimatum tersebut. Saat itu pun terjadi pertempuran yang cukup dahsyat selama kurang lebih tiga minggu.

Sejarah Singkat Hari Pahlawan 10 November: Pertempuran Dijuluki 'Neraka'

Pertempuran di Surabaya pada tahun 1945 dijuluki 'neraka'. Hal itu disebabkan kerugian yang tidak sedikit. Pertempuran itu menyebabkan 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban, di mana sebagian dari mereka adalah warga sipil.

Sedangkan 150.000 orang terpaksa meninggalkan Surabaya dan ada 1.600 prajurit Inggris yang tewas, hilang dan luka-luka. Pertempuran itu juga menyebabkan puluhan alat perang rusak dan hancur. Karena rakyat Surabaya memiliki sikap pantang menyerah dan semangat, Inggris merasa 'terpanggang di neraka'.

Sejak saat itulah, setiap tahunnya 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Kota Surabaya pun menjadi saksi bisu sejarah perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan.

Dalam momen sejarah singkat Hari Pahlawan 10 November, berikut empat Pahlawan Nasional yang memiliki andil dalam pertempuran di Surabaya.

  1. KH. Hasyim Asj'ari
  2. Gubernur Surjo
  3. Bung Tomo
  4. Moestopo

Kini sejarah singkat Hari Pahlawan 10 November sudah diketahui. Simak ulasan lain terkait di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT