Kadishub DKI Beberkan Keuntungan Penerapan Account Based Ticketing

ADVERTISEMENT

Kadishub DKI Beberkan Keuntungan Penerapan Account Based Ticketing

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 09 Nov 2022 11:34 WIB
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo/Silvia-detikcom
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (Silvia/detikcom)
Jakarta -

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo membeberkan keuntungan penerapan tiket berbasis akun atau account based ticketing. Mulai dari profiling pengguna agar tarif bisa disesuaikan dengan kemampuan hingga menghindari kerugian jika kartu sewaktu-waktu hilang.

"Jadi prinsipnya dengan account based ticketing tentu profiling pengguna layanan angkutan bisa kita dapatkan. Sehingga ke depan dengan pola ini maka yang bisa mendapatkan subsidi adalah mereka yang benar-benar memang berhak. Kalau sekarang kan dengan tarif Rp 3.500 siapa pun bayarnya sama. Artinya tentu aspek keadilan di sana tidak terjadi," kita Syafrin di Cibubur, Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Syafrin menuturkan nantinya dari account based ticketing, Pemprov DKI bisa melakukan kalkulasi ulang pendapatan pengguna transportasi umum. Jadi, kata Syafrin, tarif bisa disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masing-masing penumpang.

"Dengan account based ticketing maka kita akan coba kalkulasi ulang, begitu masyarakat dengan pendapatan berapa yang kemudian mereka membayar dengan tingkat keekonomian tidak lagi dengan tarif subsidi. Ini tentu masih pengkajian," ujarnya.

Syafrin menyampaikan saat ini Pemprov DKI sedang fokus mengimplementasikan account based ticketing kepada pengguna transportasi umum. Untuk data pengguna, dia menyebut bisa didapat dari Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan DKI Jakarta.

"Tahap pertama tentu implementasi account based ticketing profiling keseluruhan pelanggan kita yang ada. Tentu data masyarakat kan sudah ada di dalam teman-teman Dinas Dukcapil, tinggal dari sana diambil," jelasnya.

Lebih lanjut Syafrin mengatakan fokus utama penerapan account based ticketing yakni agar pengguna transportasi umum tidak mengalami kerugian apabila kartu yang digunakan untuk melakukan tap in dan tap out hilang. Dia menjelaskan pada saat kartu hilang, saldo dalam kartu tidak akan hilang karena telah melekat di server.

"Kemudian yang paling utama dari account based ticketing adalah kita menjaga agar masyarakat yang saat ini menggunakan layanan transportasi publik tidak mengalami kerugian pada saat kartunya hilang. Itu sebenarnya manfaat utama," imbuhnya.

Simak juga 'Saat Kebijakan Baru TransJ Bikin Antrean Mengular di Sejumlah Halte':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT