Faizal Assegaf Sebut Dilaporkan demi Pengalihan Mardani Maming, Ansor: Fitnah

ADVERTISEMENT

Faizal Assegaf Sebut Dilaporkan demi Pengalihan Mardani Maming, Ansor: Fitnah

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 21:41 WIB
GP Ansor Polisikan Faizal Assegaf
Foto: Yogi Ernes/detikcom
Jakarta -

Faizal Assegaf menyebut laporan polisi dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI yang dilayangkan kepadanya sebatas pengalihan isu terhadap sidang kasus korupsi yang menjerat Bendahara Umum PBNU Mardani Maming. Lalu, bagaimana respons GP Ansor DKI?

"Itu fitnah lebih kejam lagi si Faizal itu. Itu fitnah kejam lagi," kata Ketua GP Ansor DKI Jakarta Muhammad Ainul Yakin saat dihubungi, Selasa (8/11/2022).

Ainul pun mempertanyakan latar belakang dari Faizal Assegaf. Menurutnya, pernyataan Faizal Assegaf tidak memiliki dasar yang jelas.

"Saya sudah baca beritanya dia bilang GP Ansor bodoh. Saya mau tanya emang dia sekolahnya di mana Faizal itu, dia punya lembaga pendidikan apa sih, umatnya apa, yang diurus apa dia itu. Kerjaannya apa dia Faizal itu. Itu lebih kejam lagi fitnahnya," ucap Ainul.

Ainul kembali menegaskan laporannya tidak memiliki korelasi dengan upaya pengalihan isu kasus yang menjerat Mardani Maming. Laporan GP Ansor DKI Jakarta hari ini sebagai respons pernyataan Faizal Assegaf yang dianggap telah melontarkan fitnah kepada NU dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf.

"Ikutin aja Twitternya berapa kali dia fitnah Ketua Umum PBNU, memberitakan berita bohong. Dia bilang Gus Yahya membenci habaib, dari mana rumusnya, mana ada. Orang di PBNU banyak habaib," katanya.

Faizal Assegaf Sebut Laporan Terhadapnya Pengalihan Isu

Faizal Assegaf angkat bicara usai dipolisikan buntut menyebut Ketum PBNU 'Pembenci Habaib'. Faizal menduga laporan itu sebagai upaya pengalihan sidang korupsi yang menjerat Bendahara Umum PBNU Mardani Maming.

"Ini kan saya duga upaya dari Yahya Staquf dan Yaqut karena tanggal 10 November Bendahara PBNU akan disidangkan secara resmi, persidangan kasus korupsi bendahara umum PBNU Mardani Maming," kata Faizal saat dihubungi, Selasa (8/11/2022).

Menurut Faizal, dia menduga laporan yang telah dilayangkan itu sebagai upaya untuk memecah perhatian publik terkait persidangan kasus Mardani Maming.

"Laporan ini mungkin untuk mengalihkan sorotan publik karena persidangan Mardani Maming ini strategis," kata Faisal.

Faizal menjelaskan soal cuitannya yang menyebut Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf sebagai pembenci habaib. Dia mengatakan cuitan itu berkaitan dengan pernyataan Yahya Cholil Staquf yang menyampaikan habaib sebagai pendatang di Indonesia.

"Laporan itu menyangkut dengan video Ketua PBNU Yahya Staquf yang mengatakan para habaib pengungsi. Kemudian saya mempertanyakan data fakta naskah akademisnya apa dasar yang menyebutkan habaib datang ke Indonesia sebagai pengungsi karena itu sebagai pelecehan dan tidak ditemukan dalam bukti-bukti otentik ya. Kemudian itu menjadi pokok pelaporan yang mereka anggap menghina," katanya.

Lebih lanjut Faizal mengatakan tidak mempermasalahkan laporan dari GP Ansor. Dia mengaku bakal menghadapi proses hukum dari laporan tersebut.

"Saya berkesimpulan itu hak mereka ketika melaporkan saya ke kantor polisi," katanya.

Gerakan Pemuda (GP) Ansor melaporkan Faizal Assegaf ke polisi buntut cuitan yang dianggap menghina Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. GP Ansor menilai laporan polisi ini sebagai puncak kemarahan kader NU kepada Faizal Assegaf.

Faizal Assegaf dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian dan penyebaran berita bohong. Faizal Assegaf dilaporkan buntut cuitannya yang menyebut Yahya Cholil Staquf selaku Ketua Umum PBNU sebagai pembenci habaib.

Faizal Assegaf dilaporkan atas pelanggaran di Pasal 28 ayat 2 dan Pasal 15 ayat 2 dan Pasal 15 KUHP. Terlapor dilaporkan atas dugaan pelanggaran ujaran kebencian dan penyebaran berita bohong.

Laporan dari GP Ansor ini telah diterima Polda Metro Jaya. Laporan tersebut teregister dengan nomor LP/B/5700/XI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA, tertanggal 8 November 2022.

Simak Video 'LBH Ansor Laporkan Faizal Assegaf atas Ujaran Kebencian':

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT