Difasilitasi Andre Rosiade, Bukittinggi Akan Punya Pusat Kuliner Megah

ADVERTISEMENT

Difasilitasi Andre Rosiade, Bukittinggi Akan Punya Pusat Kuliner Megah

Yudistira Imandiar - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 10:24 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade memimpin soft launching Stasiun Street Food di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Senin (8/11). Pusat kuliner yang dicanangkan menjadi yang terbesar di Sumbar itu berdiri di lahan eks emplasemen Stasiun Kereta Api Bukittinggi di Tarok Dipo, Kecamatan Guguk Panjang.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengatakan keberadaan Stasiun Street Food ini dapat diwujudkan berkat peran Andre Rosiade. Andre memfasilitasi agar tanah seluas dua hektare itu bisa digunakan Pemkot Bukittinggi untuk menggerakkan perekonomian.

"Ini adalah lokasi yang akan dibangun pusat kuliner malam seluas dua hektare lebih. Akan menjadi pusat kuliner terbaik dan terbesar di Sumbar. Sebanyak 2.600 menu dapat dinikmati dari 260 gerai. Jadi tempat inilah yang akan dikunjungi semua orang yang akan masuk ke Bukittinggi di waktu mendatang," jelas Erman dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (8/11/2022).

Erman memastikan Stasiun Street Food diperuntukkan bagi pedagang yang tepat dan berhak, antara lain pedagang di samping stasiun, pedagang Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

"Kami siapkan lebih baik. Ada 2.000 tempat duduk untuk pengunjung siang, malam sampai tangan malam. Full fasilitas. Semua Pemko yang menyiapkan. Tinggal bawa kompor saja. Semoga menjadi tempat baru yang wajib dikunjungi di Bukittinggi," beber Erman.

Erman pun berterima kasih kepada Andre Rosiade yang telah mendukung tersedianya lahan usaha tersebut.

"Kami juga yang ingin pak Andre Rosiade soft launching dengan meletakkan batu pertama hari ini. Karena lewat bapak Andre semua berjalan. Insyaallah pembangunan akan diselesaikan tahun 2023 dengan anggaran Rp 23 miliar. Insyaallah akan diresmikan pak Menteri BUMN Erick Thohir," tutur Erman.

Sementara itu, Andre Rosiade merasa bersyukur karena apa yang dicita-ciptakan Walkot Bukittinggi bisa segera terwujud. Ia menerangkan gagasan Stasiun Street Food dimulai saat sejumlah kepala daerah termasuk Erman Safar bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir difasilitasi Andre Rosiade. Dilanjutkan pertemuan dengan Dirut PT KAI.

"Alhamdulillah proposal disetujui dan tanah dua hektare bisa digunakan Pemko Bukittinggi. Tentu berkat dukungan dan kerja sama dari PT KAI. Harapan kami ini jadi pusat kuliner dan magnet pariwisata baru. Terima kasih PT KAI," sebut Andre.

Ia menambahkan PT KAI juga akan melakukan MoU dengan Pemkab Agam untuk mengurai kemacetan 31 tahun di Pasar Padang Luar.

Andre menegaskan kalau mau bekerja dan berusaha secara sungguh-sungguh semua persoalan bisa diselesaikan.

"Contoh tanah ini di bawah Pemko bisa dikerjasamakan dengan PT KAI. Juga Padang Luar bisa diurai kemacetannya. Segera ditandatangani kerja sama. Kami juga merasa, kemacetan di Pasar Koto Baru Tanah Datar bisa diselesaikan dengan komitmen bersama Pemprov Sumbar dan Kabupaten. Tentunya dengan politik anggaran yang baik," ujar Andre.

Lihat juga Video: Bikin Laper: Review Sate Padang Asli Langsung di Bukittinggi

[Gambas:Video 20detik]




(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT