Kabar Terbaru Novel Baswedan, Jalani Operasi Tanam Kornea di India

ADVERTISEMENT

Kabar Terbaru Novel Baswedan, Jalani Operasi Tanam Kornea di India

Adrial Akbar - detikNews
Senin, 07 Nov 2022 18:16 WIB
Tentang Novel Baswedan, Penyidik Top KPK tapi Dibuang Gara-gara TWK
Novel Baswedan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mantan penyidik KPK Novel Baswedan menceritakan kabar terbaru terkait kondisi matanya yang rusak akibat disiram air keras. Novel mengatakan baru saja menjalani operasi tanam kornea pada mata kanan di India.

"Bahwa operasi mata kanan saya itu dilakukan dengan mengambil mata kanan kornea dari kakak kandung saya. Diambil sedikit, dipotong. Setelah dipotong, ditanam di kornea mata kanan saya, di beberapa titik," kata Novel di kanal YouTubenya seperti dilihat detikcom, Senin (7/11/2022).

Novel mengatakan operasi tanam kornea ditujukan agar penglihatan mata kanannya makin baik. Dia menyebut operasi itu juga tidak merusak penglihatan kakak kandungnya.

"Tapi tidak merusak penglihatannya Taufik atau kakak saya. Mengapa kok dipilih kakak kandung? Karena kakak kandung yang peluang penolakannya paling kecil," sebut Novel.

Dia juga menjelaskan alasan operasi mata kanannya dilakukan di India. Menurutnya, India punya dokter-dokter berpengalaman untuk melakukan operasi penanaman kornea mata.

"Saya lakukan operasi di India. Di India itu ternyata ada beberapa dokter yang punya kualifikasi bagus, dan dia punya pengalaman success story terbanyak di dunia," ujarnya.

Novel mengatakan dirinya berangkat ke India berdasarkan rekomendasi dari dokter di Singapura. Novel memang sempat menjalani operasi dan perawatan di Singapura usai matanya disiram air keras.

"Kemudian mendapat informasi di India ada praktik bagus. Terus kemudian dikomunikasikan dengan beberapa dokter yang ada di Singapura. Kemudian dokter Singapura merekomendasikan ke dokter yang menurut dokter di Singapura ini dokter yang terbaik," ujarnya.

Dia mengatakan proses pemulihan butuh waktu sekitar 12 minggu. Namun Novel menyebut penglihatannya ada kemungkinan mulai membaik sekitar empat minggu seusai operasi.

"Cuma diterangkan oleh dokter mulai dari empat minggu, mulai dari sebulan itu semakin bertahap akan semakin baik," tuturnya.

"Dokter si bilang proses semuanya 12 minggu. Tapi mungkin setelah 6 minggu itu banyak perubahan," lanjut Novel.

Novel juga berbicara soal para pelaku penyiraman air keras terhadapnya. Dia berharap orang-orang tersebut mendapat balasan.

"Kalau ada orang yang kemudian berbuat jahat, yang pastinya dia akan mendapat balasan bagi dirinya. Termasuk yang merekayasa kasusnya, termasuk juga yang membuat persepsi di publik seolah-olah saya pura-pura. Seolah-olah saya pakai lensa," pungkasnya.

(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT