Layanan Ini Permudah Warga Tangerang buat Cari Pelatihan Kerja-Wirausaha

ADVERTISEMENT

Layanan Ini Permudah Warga Tangerang buat Cari Pelatihan Kerja-Wirausaha

Danica Adhitiawarman - detikNews
Senin, 07 Nov 2022 16:57 WIB
Fitur Tangerang Cakap Kerja
Foto: Pemkot Tangerang
Jakarta -

Masyarakat Kota Tangerang kini bisa menikmati layanan ketenagakerjaan lewat Fitur Tangerang Cakap Kerja. Fitur dalam aplikasi Tangerang LIVE ini diluncurkan oleh Pemerintah Kota Tangerang untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan berbagai layanan ketenagakerjaan.

Beberapa layanan yang dapat diakses masyarakat Tangerang antara lain adalah pembuatan kartu kuning, lamaran pekerjaan melalui Job Fair, pendaftaran Pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) hingga pelatihan kewirausahaan.

BLK menawarkan berbagai program pelatihan kerja dan wirausaha. Program pelatihan kerja yang ditawarkan antara lain tata boga, desain grafis, digital printing, perhotelan, montir sepeda motor, menjahit, komputer, dan teknik pendingin. Selain itu, pada bidang kewirausahaan terdapat program pelatihan reparasi sepeda, content creator, barista, pembuatan makanan, digital marketing, sablon, dan packaging.

"Fitur Tangerang Cakap Kerja dilengkapi dengan berbagai layanan ketenagakerjaan, masyarakat bisa ikut mendaftar berbagai pelatihan secara gratis, tujuannya memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat Kota Tangerang," ujar Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah dalam keterangan tertulis, Senin (7/11/2022).

Masyarakat Tangerang dapat dengan mudah menikmati layanan Tangerang Cakap kerja dengan men-download aplikasi Tangerang LIVE pada smartphone. Semua proses layanan dapat dilakukan di mana saja menggunakan aplikasi ini, sehingga tidak perlu datang ke kantor Disnaker.

Contohnya untuk pembuatan kartu kuning, proses pendaftaran hingga pencetakan hanya melalui aplikasi Tangerang LIVE.

"Dipermudah banget adanya fitur Tangerang Cakap Kerja, liat info di Instagram @disnaker_kotatangerang kalo lagi buka pelatihan kewirausahaan digital marketing, pas banget lagi mau belajar masarin dagangan online. Langsung daftar deh," ujar Nanda yang baru merintis usaha camilan online dalam keterangan tertulis.

Selain itu, Arief menyebut Disnaker Kota Tangerang sedang membuka pelatihan kewirausahaan di bidang reparasi sepeda dan content creator pada bulan November ini. Pendaftaran pelatihan dibuka melalui Tangerang Cakap Kerja untuk kuota 30 orang per kelasnya.

Masyarakat Kota Tangerang yang berminat mengikuti pelatihan pada bulan November dapat mendaftar dengan memilih jenis pelatihan yang diminati dan mengisi persyaratan yang diperlukan. Kemudian, klik daftar pelatihan dan menunggu verifikasi serta undangan pelatihan dari admin. Jika belum mendapat undangan atau kabar melalui WhatsApp dari pihak Disnaker sampai H-4 pelaksanaan pelatihan, artinya kuota untuk kelas tersebut sudah penuh.

(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT