Pemkab Siapkan Tempat Baru PKL Stadion Pakansari Sebelum Ditertibkan

ADVERTISEMENT

Pemkab Siapkan Tempat Baru PKL Stadion Pakansari Sebelum Ditertibkan

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Senin, 07 Nov 2022 14:07 WIB
Salah satu sudut area Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor
Foto: Salah satu sudut area Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor (Rizky/detik)
Jakarta -

Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, menginginkan tempat berjualan lain apabila ditertibkan. Menanggapi hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sepakat untuk memberi tempat baru PKL untuk ditata ulang.

"Saya terhadap kondisi PKL di Pakansari, kalau saya punya lahan ingin ditata. Kalau saya punya tempat ingin saya tata, supaya mereka bisa berjualan," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana Sudrajat saat dihubungi detikcom, Senin (7/11/2022).

Namun, nantinya diharapkan penertiban tersebut berjalan konsisten. Dia berharap agar setelah ditata, jangan sampai di kawasan Stadion Pakansari kembali didatangi PKL.

"Tapi ya harus konsekuen. Walaupun berjualan, nanti tahu-tahu ditertibkan datang lagi PKL lain yang masuk. Itu yang khawatir harus dilakukan Pemerintah Daerah melalui Satpol PP. Jangan sampai ditata, ditertibkan, tahu-tahu muncul lagi yang baru. Nah itu tuh yang bikin suasana penataan enggak akan berhasil," ucapnya.

Asep ingin pada PKL bisa berdagang dengan baik. Serta tidak membuat kawasan tersebut nantinya menjadi kumuh.

"Iya, kalau saya ada tempat yang membuat para pedagang bisa beraktivitas dengan baik dan tidak membuat suasana jadi kumuh, kita mah setuju dan ingin," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Satpol PP mulai menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Salah satu PKL bernama Rian meminta agar dicarikan tempat berjualan lain apabila PKL dilarang berjualan di area tersebut.

"Pertama sedih pasti, namanya kita pedagang kecil nyari duit di sini. Kalau memang nggak boleh dagang di sini. Menurut saya pribadi sih kasih solusi. Ditempatkan di mana gitu, jangan cuma ngelarang nggak boleh dagang," kata Rian ditemui di area Stadion Pakansari, Sabtu (5/11).

PKL lainnya bernama Wati mengatakan yang membuat ramai kawasan Stadion Pakansari itu PKL. Tanpa PKL, warga khawatir melintas di area tersebut.

"Tanpa PKL, Pakansari itu sepi. Orang lewat sini juga jadinya pada ngeri, karena kebanyakan begal. Kalau malam nggak ada orang dagang mah sepi di sini," jelas Wati.

(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT