Bakal Ditertibkan, PKL Stadion Pakansari Bogor Minta Diberi Tempat Lain

ADVERTISEMENT

Bakal Ditertibkan, PKL Stadion Pakansari Bogor Minta Diberi Tempat Lain

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 05 Nov 2022 16:42 WIB
Kawasan Stadion Pakansari, Bogor, 5 November 2022. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Kawasan Stadion Pakansari, Bogor, 5 November 2022. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Bogor -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Satpol PP berencana menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Salah satu PKL bernama Rian meminta agar dicarikan tempat berjualan lain apabila PKL dilarang berjualan di area tersebut.

"Pertama sedih pasti, namanya kita pedagang kecil nyari duit di sini. Kalau memang nggak boleh dagang di sini. Menurut saya pribadi sih kasih solusi. Ditempatkan di mana gitu, jangan cuma ngelarang nggak boleh dagang," kata Rian ditemui di area Stadion Pakansari, Sabtu (5/11/2022).

Rian mengaku kerap mendapat peringatan dari Satpol PP agar tidak berjualan di area Stadion Pakansari. Dia sudah berjualan di sana selama empat bulan.

"Saya pernah dagang pagi baru nyampai, (kata petugas Satpol PP) 'siapa yang nyuruh kamu dagang di sini?' Saya diem aja, kalau ngelawan tetap kalah. Kami tahu kalau Satpol PP menjalankan perintah dari atasan. Tapi mereka mikir dong yang mereka hadapi itu masyarakat, sama kayak dia juga punya perasaan. Ngomong yang baik dan lembut kan bisa," ucapnya.

Dia sendiri mengaku memang salah berjualan di area tersebut. Namun hal itu terpaksa dilakukannya untuk mendapatkan penghasilan.

"Kalau ada tempat selain di sini, saya nggak mau di sini, ngapain. Pegel hati dimarah-marahi tiap hari," ungkapnya.

PKL lainnya bernama Wati mengatakan yang membuat ramai kawasan Stadion Pakansari itu PKL. Tanpa PKL, warga khawatir melintas di area tersebut.

"Tanpa PKL, Pakansari itu sepi. Orang lewat sini juga jadinya pada ngeri, karena kebanyakan begal. Kalau malam nggak ada orang dagang mah sepi di sini," jelas Wati.

Sebelumnya diberitakan, Satpol PP menindaklanjuti arahan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan untuk membuat kawasan Stadion Pakansari bebas dari PKL. Satpol PP sudah menggelar pertemuan dengan ketua RT dan RW setempat serta perwakilan pedagang untuk memberi tahu terkait penertiban di kawasan tersebut.

"Jadi kemarin sudah tahapan sosialisasi yang kita lakukan kepada masyarakat. Kemarin itu kita mengundang juga RT/RW, tokoh masyarakat, termasuk perwakilan para pedagang," kata Kasatpol PP Kabupaten Bogor Cecep Imam Nagarasid kepada wartawan, Kamis (3/11).

Dia mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada semua unsur yang terlibat terkait rencana penertiban PKL di sekitar Stadion Pakansari.

Satpol PP juga akan menggelar rapat hari ini untuk membahas penertiban PKL. Nantinya para pedagang akan diberi surat peringatan (SP) untuk segera membubarkan diri.

"Kami akan rapat internal hari ini apakah akan memberikan waktu 1x24 jam, 3x24 jam, atau 7x24 jam nanti hasilnya akan kita sampaikan ke pedagang melalui surat," ungkapnya.

Simak juga 'Berkaca dari Tragedi Kanjuruhan, Stadion Gelora BJ Habibie Ikut Berbenah':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT