Jelang KTT G20, Pemkot Jakpus Akan Tata Ulang Kawasan Masjid Istiqlal

ADVERTISEMENT

Jelang KTT G20, Pemkot Jakpus Akan Tata Ulang Kawasan Masjid Istiqlal

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 07 Nov 2022 13:07 WIB
Masjid Istiqlal akan dibuka 100 persen saat bulan Ramadan. Masjid Istiqlal melakukan sejumlah penyesuaian penyelenggaraan salat tarawih.
Foto: A.Prasetia/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) akan melakukan tata ulang kawasan Masjid Istiqlal. Hal itu dalam rangka persiapan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20).

"Ini tentu berkaitan dalam mendukung Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20), kita ingin wajah Jakarta ini seperti apa adanya, nyaman, aman dan tertib digunakan oleh pengguna fasilitas umum termasuk trotoar," kata Sekertaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin dalam keterangannya yang diterima, Senin (7/11/2022).

Iqbal mengatakan pihaknya akan menata kawasan Masjid Istiqlal dari keberadaan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) dan pedagang kaki lima (PKL) liar. Dia berharap kawasan Jakarta dapat menjadi lebih tertib.

"Kita memastikan bahwa PPKS dan manusia gerobak yang tersinyalir ada di sudut kota ini, kita tertibkan dalam arti kita bina, bagaimana mereka mendapat informasi pengembangan wawasan dari Dinas Sosial," ujarnya.

Lebih lanjut, Iqbal mengatakan PPKS yang terjaring selain mendapatkan pembinaan, juga akan dipulangkan ke daerah asal. Dia menyebut untuk Jawa Barat dan Jawa Tengah kuota yang disiapkan kurang lebih 100 orang.

"Terinformasi dari Dinas Sosial akan dilakukan pemulangan ke daerah asal, untuk daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah masing-masing ada kuota 100 orang, tapi itu menunggu penetapan kebijakan lebih lanjut," kata Iqbal.

Iqbal berharap menjelang G20, kawasan Masjid Istiqlal sudah aman dari PPKS, sehingga dapat menciptakan kenyamanan bagi pengunjung. Dia menyebut akan menyiagakan petugas di lokasi.

"Kita akan siagakan petugas lapangan yang akan menyampaikan sosialisasi tersebut, tentu ada petugas dan nanti akan dikoordinasikan," tuturnya.

Simak video 'Pelabuhan Gilimanuk Dilengkapi Pendeteksi Wajah':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT