Anwar Abbas soal Rencana Reuni 212: Tertib, Jangan Merusak

ADVERTISEMENT

Anwar Abbas soal Rencana Reuni 212: Tertib, Jangan Merusak

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 06 Nov 2022 08:46 WIB
Waketum MUI Anwar Abbas
Anwar Abbas (Foto: mui.or.id)
Jakarta -

PA 212 berencana menggelar Reuni 212 usai sebelumnya melakukan Aksi 411 kemarin. Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas, menilai berkumpul dan demonstrasi diperbolehkan oleh undang-undang.

"Kebolehan reuni atau berkumpul-kumpul dan demonstrasi adalah dijamin kebolehannya oleh UU. Oleh karena itu, kalau kita menyatakan negara kita adalah negara demokrasi dan kalau seandainya kita mau mengakui hukum dasar kita adalah UUD 1945 maka kita tidak boleh melarang mereka melakukan hal demikian," ujar Anwar Abbas saat dihubungi, Sabtu (5/11/2022).

Namun Anwar Abbas berharap agar acara dilakukan dengan tertib dan tidak merusak. Selain itu, para peserta harus tunduk pada aturan yang berlaku.

"Cuma kita harapkan kalau mereka akan melakukannya maka mereka harus berlaku tertib, tidak merusak dan harus tunduk dan patuh kepada UU dan peraturan yang berlaku," tuturnya.

Anwar menyebut pemerintah juga perlu mendengarkan hal-hal yang diutarakan dalam aksi maupun acara yang dilakukan. Hal ini, menurutnya, perlu dilakukan agar tidak terjadi aksi serupa dan para peserta merasa puas.

"Oleh karena itu, kita harapkan supaya tidak terjadi hal-hal yang bersifat berulang-ulang maka pemerintah hendaknya juga mau mendengar dan memperhatikan apa yang menjadi harapan mereka. Ini penting dilakukan agar mereka juga puas dan percaya kepada pemerintah karena apa yang menjadi aspirasi mereka juga diperhatikan," ujarnya.

Lihat Video: Massa Aksi 411 Bubar, Lalin di Sekitar Istana Kembali Dibuka

[Gambas:Video 20detik]




(dwia/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT