Polisi Ancam Setop Konser NCT 127 Hari Ke-2 Jika 10 Penonton Pingsan

ADVERTISEMENT

Polisi Ancam Setop Konser NCT 127 Hari Ke-2 Jika 10 Penonton Pingsan

Adrial Akbar - detikNews
Sabtu, 05 Nov 2022 15:48 WIB
Konser NCT 127 Dihentikan
Ilustrasi. Konser NCT 127 (Foto: dok. 20detik)
Jakarta -

Kapolres Tangerang Selatan (Tangsel) AKBP Sarly Sollu mengancam akan membubarkan konser NCT 127 jika terdapat 10 penonton pingsan. Peringatan ini disampaikan kepada pihak promotor konser NCT 127.

"Jika ada masih terjadi pingsan, bahkan lebih dari 10 atau sudah 10 orang, kita tetap akan melakukan pemberhentian atau memberhentikan kegiatan (konser) tersebut," ujar Sarly kepada wartawan di ICE BSD, Tangsel, Sabtu (5/11/2022).

Sarly mengatakan pihak penyelenggara harus melakukan pengawasan yang ketat untuk menghindari insiden desak-desakan yang mengakibatkan banyak penonton pingsan seperti Jumat (4/11). Sarly juga meminta pihak penyelenggara meningkatkan pengamanan.

"Itu yang harus dilaksanakan oleh EO (event organizer). Semaksimal mungkin mereka bisa me-manage kegiatan ini," tegas Sarly.

Kepolisian menambah jumlah personel yang bertugas di lokasi konser. Pihak penyelenggara juga diminta menyediakan jadwal istirahat di tengah berlangsungnya konser.

"Kemudian akan diperbanyak nanti tim medis, baik dari EO sendiri maupun Polres. Bahkan kami minta dijadwalkan ada jeda waktu untuk istirahat," pungkas dia.

Sebelumnya, polisi menghentikan konser NCT 127 hari pertama yang berlangsung Jumat (4/11). Konser tersebut dihentikan setelah puluhan penonton pingsan saat konser sedang berlangsung.

Penghentian konser itu dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan. Dia mengatakan konser NCT 127 dihentikan sekitar pukul 21.20 WIB.

"Iya, konser NCT di Tangerang, di ICE BSD, Tangerang, dihentikan oleh kepolisian, ya," ucap Zulpan saat dihubungi kemarin malam.

Zulpan mengatakan konser dihentikan lantaran para penonton NCT 127 pingsan usai terlibat saling dorong. "(Penonton) pingsan ini ingin mendekat panggung begitu, ya, kemudian dorong-dorongan, kemudian akhirnya jatuh pingsan. Kurang lebih 30 orang yang pingsan," jelas Zulpan.

Zulpan menyebut sebetulnya konser hanya tinggal tersisa 30 menit. Namun polisi menghentikan konser atas pertimbangan keselamatan para penonton.

"Konsernya udah berlangsung 2 jam 20 menit. Kan harusnya dari jam 19.00 WIB sampai jam 22.00 WIB kan. Nah ini jam 21.20, mengingat situasi seperti itu, Kapolres mengambil keputusan menghentikan konser," ujarnya.

"Dengan faktor pertimbangan keselamatan dan menghindari adanya jatuh korban jiwa. Untuk sementara konser sudah dihentikan kemudian masih dalam proses pengeluaran penonton dari tempat acara," tambahnya.

Simak Video 'Kesaksian NCTzen Saat Kericuhan Terjadi di Konser NCT 127 Day 1':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT