Dua Rumah di Baranangsiang Bogor Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

ADVERTISEMENT

Dua Rumah di Baranangsiang Bogor Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Muchamad Sholihin - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 17:06 WIB
Dua Rumah di Baranangsiang Bogor Terbakar (dokumen Damkar Kota Bogor)
Dua Rumah di Baranangsiang, Bogor, Terbakar (Foto: dok. Damkar Kota Bogor)
Jakarta -

Dua unit rumah di Kelurahan Baranangsiang, Kota Bogor, hangus terbakar. Kebakaran diduga terjadi akibat korsleting listrik.

"Kebakaran terjadi di Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur. Objek terbakar dua unit rumah petak. Korban jiwa nihil," kata Kabid Kedaruratan dan Pemadaman Damkar Kota Kota Bogor Ade Nugraha kepada wartawan, Jumat (4/11/2022).

Ade mengatakan kebakaran dilaporkan sekitar pukul 14.15 WIB melalui telepon. Sebanyak 5 unit damkar langsung diterjunkan ke lokasi kebakaran yang berada di lingkungan padat penduduk tersebut.

"Laporan diterima pukul 14.15 WIB. Iya, lokasi kebakaran ada di lingkungan padat penduduk, makanya kita bergerak cepat. Ada 5 unit pemadam yang diterjunkan ke lokasi," terangnya.

Ade menyebut kebakaran diduga terjadi akibat korsleting listrik di bagian atas rumah. Banyaknya bahan bangunan yang mudah terbakar membuat api dengan cepat membesar dan melahap dua rumah yang berdampingan.

"Menurut saksi, ketua RT setempat, Arif, di TKP (penyebab kebakaran) diduga api berawal dari arus pendek korsleting listrik, yang menyebabkan menyebarnya api dan membakar atap rumah beserta barang-barang isi rumah," ungkap Ade.

Api yang menghanguskan dua rumah yang dihuni oleh 8 jiwa tersebut, dapat dipadamkan selama kurang lebih 13 menit setelah dilaporkan.

"Api dapat dikendalikan dalam waktu 13 menit dan selebihnya dilakukan pendinginan. Dilakukan pemadaman dan pendinginan oleh petugas damkar guna situasi dapat dipastikan aman terkendali. Lama penanganan sekitar 15 menit," kata Ade.

Simak juga 'Cerita Korban Kebakaran di Permata Hijau: Api Merambat Cepat':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT