Dishub DKI Pastikan LRT Jakarta Rute Kelapa Gading-JIS Tetap Ada

ADVERTISEMENT

Dishub DKI Pastikan LRT Jakarta Rute Kelapa Gading-JIS Tetap Ada

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 06:49 WIB
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo
Foto: Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memastikan proyek LRT Jakarta rute Kelapa Gading-JIS tetap ada. Sebab, rute ini masuk ke dalam rencana induk perkeretaapian perkotaan Jakarta.

"Tetap ada, karena itu menjadi satu kesatuan jaringan dari rencana induk perkeretaapian perkotaan Jakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Grand Cempaka Resort, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/11/2022) malam.

Namun, untuk saat ini pembangunan diprioritaskan untuk rute Velodrome-Manggarai. Pihaknya pun akan mengajukan permohonan persetujuan trase kepada Menteri Perhubungan Budi Karya untuk trase Velodrome-Manggarai. Sehingga, pihaknya dapat memulai pembangunan di 2023 mendatang.

"Setelah ada persetujuan, kemudian ada penetapan trase, juga ada penetapan penlok, dan setelah itu kami akan siapkan pekerjaan untuk tahun depan," jelasnya.

Syafrin juga menjelaskan nominal usulan penyertaan modal daerah (PMD) untuk rute Velodrome-Manggarai sama dengan rute Kelapa Gading-JIS. Karena, suntikkan dana tersebut hanya diperuntukan membiayai pekerjaan pendahuluan di tahun depan.

"Untuk yang Rp 442 miliar itu kan untuk pekerjaan pendahuluan, tapi secara kebutuhan tapi tidak segitu. Tapi untuk pekerjaan pendahuluan tahun depan, itu Rp 442 miliar," terangnya.

Sedangkan merujuk kajian awal, total kebutuhan anggaran untuk membiayai proyek LRT sebesar Rp 5,5 triliun. Namun, saat ini pihaknya akan menghitung angka komprehensif untuk trase baru ini.

"Kan di kajian awal untuk kebutuhan biaya itu sekitar Rp 5,5 triliun, tapi kan harus diupdate. Jadi nanti kami akan minta ke teman-teman JakPro untuk mengupdate, menghitung secara komprehensif untuk mendapatkan angka yang ideal sesuai dengan kondisi saat ini," imbuhnya.

Simak video 'Usulan LRT Terhubung Disetujui, Menhub: Manggarai jadi Central Station':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT