DKI Lanjutkan Bangun LRT 2023, Fase 2A Tak Jadi Lewati JIS

ADVERTISEMENT

DKI Lanjutkan Bangun LRT 2023, Fase 2A Tak Jadi Lewati JIS

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 03 Nov 2022 17:13 WIB
Dalam rangka HUT ke-495 DKI Jakarta, sejumlah angkutan umum di Jakarta digratiskan, Rabu (22/6). Salah satunya adalah LRT.
LRT (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta memastikan pihaknya akan melanjutkan kembali pembangunan LRT Fase 2A. Namun, ada pemindahan jalur atau trase pembangunan LRT Jakarta dari sebelumnya Pengangsaan Dua-JIS kini menjadi Velodrome-Manggarai.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Jakarta Sri Haryati menjelaskan perubahan rute ini disepakati dalam ratas bersama Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Adapun trase Velodrome-Manggarai sesuai dengan rancangan awal.

"Jadi sudah disampaikan bahwa keliatannya trase akan kembali ke trase lama, yaitu ke Manggarai. Memang di awal pada saat kita meminta trase dulu dari Kemenhub waktu itu tidak menyetujui," kata Sri dalam rapat Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta di Grand Cempaka Resort, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/11/2022).

"Tapi kemarin sudah diputuskan dipimpin langsung oleh presiden nanti dari Velodrome langsung ke Manggarai. Untuk itu, mohon dukungan tentu ini harus kita lanjutkan," tambah dia.

PT Jakarta Propertindo selaku induk usaha LRT Jakarta mengajukan penyertaan modal daerah (PMD) dalam KUA-PPAS APBD 2023 sebesar Rp 442 miliar untuk proyek LRT fase 2A. Sri menyebut sebelumnya pihaknya telah mengajukan nominal ini dalam APBD-P 2022.

Namun, saat itu nominal tersebut diperuntukkan buat trase Pegangsaan Dua-JIS. Jadi, pihaknya akan menyesuaikan nominal PMD yang diajukan dengan perpindahan trase.

"Kalau lihat tadi usulan yang waktu itu sempat disampaikan di APBD perubahan 2022 yang Rp 442 miliar itu memang JakPro sempat mengusulkan untuk 2 stasiun yang tadinya arah ke JIS sampai Mal Artha Gading posisi 422 m. Mungkin nanti kita akan sesuaikan terkait perpindahan trase ini dan kami juga sudah siapkan terkait permohonan persetujuan trase ke Kemenhub dan lain-lain," jelasnya.

Lihat juga Video: Usulan LRT Terhubung Disetujui, Menhub: Manggarai jadi Central Station

[Gambas:Video 20detik]




(taa/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT