Mengenal Layanan Rehabilitasi bagi Pengguna Narkoba dan Tujuannya

ADVERTISEMENT

Mengenal Layanan Rehabilitasi bagi Pengguna Narkoba dan Tujuannya

Sponsored - detikNews
Kamis, 03 Nov 2022 12:10 WIB
Alvito Da Lopez – Program Manager, Ashefa Griya Pusaka
Thomas Avitho da Lopez, SH, ICAP I - Program Manager, Ashefa Griya Pusaka (Foto. Dok. Istimewa)
Jakarta -

Rehabilitasi merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk membantu mereka yang telah terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba dan alkohol agar dapat kembali hidup normal. Layanan rehabilitasi ini memiliki beberapa tujuan.

Adapun tujuan tersebut di antaranya adalah mengembalikan kondisi fisik dan psikologis mereka, serta membantu mereka untuk dapat kembali bekerja dan berproduktif.

Pengertian Rehabilitasi Narkoba

Dilansir dari kumpulan artikel rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka, rehabilitasi narkoba adalah sebuah proses yang bertujuan untuk membantu individu yang tergabung dalam kelompok penyalahguna narkoba agar dapat meninggalkan kecanduan dan mengembalikan hidupnya seperti semula.

Program rehabilitasi narkoba juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para klien, termasuk di dalamnya adalah tentang cara mengatasi masalah sosial dan psikologis yang mendasari perilakunya.

Rehabilitasi narkoba dapat diartikan sebagai suatu bentuk upaya yang dilakukan oleh suatu lembaga atau institusi khusus dengan memberikan pendampingan bagi mereka yang mengalami gangguan mental akibat dampak dan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Biasanya, rehabilitasi narkoba juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para klien, termasuk di dalamnya adalah tentang cara mengatasi masalah sosial dan psikologis yang mendasari perilakunya.
Program rehabilitasi narkoba berbeda dengan program pengobatan umumnya. Program ini tidak hanya berfokus pada aspek fisik saja, melainkan juga memperhatikan aspek psikologis dan sosial para penyalahgunaanya.

Rehabilitasi Kecanduan Narkoba

Rehabilitasi kecanduan narkoba bertujuan untuk mendapatkan kembali kesadaran pengguna akan adanya masalah, membantu pengguna mengendalikan diri, dan memberdayakan pengguna agar dapat hidup sehat secara fisik dan mental. Rehabilitasi ini juga bertujuan untuk mencegah ketergantungan ulang terhadap narkoba.

Manfaat rehabilitasi kecanduan narkoba bagi pengguna di antaranya adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi rasa nyeri, merangsang produksi neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin yang berpengaruh positif pada perilaku, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap efek buruk dari zat-zat aditif.

Program Rehabilitasi Narkoba

Program rehabilitasi narkoba adalah sebuah program yang memberikan layanan kesehatan jiwa bagi mereka yang telah mengalami kecanduan akibat penyalahgunaan narkoba.

Program ini juga ditujukan untuk membantu para pengguna narkoba dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba, sehingga mereka bisa kembali hidup normal dan berproduktif di masyarakat.

Layanan program rehabilitasi narkoba biasanya meliputi:

● Pemberian informasi tentang narkoba dan dampak negatifnya bagi kesehatan.
● Konsultasi psikologis untuk membantu pengguna narkoba mengatasi masalah-masalah pribadi yang mungkin timbul akibat penyalahgunaan narkoba.
● Terapi medis untuk mengatasi gangguan kesehatan yang dialami oleh pengguna narkoba.
● Bimbingan dan dukungan sosial agar para pengguna narkoba bisa lebih mudah beradaptasi dengan kembali hidup normal di masyarakat.
Program rehabilitasi narkoba harus diikuti oleh seluruh anggota keluarga pengguna narkoba, karena penyalahgunaan narkoba tidak hanya berdampak negatif bagi mereka sendiri, tetapi juga bagi orang-orang di sekitarnya. Program rehabilitasi narkoba harus diselenggarakan oleh instansi yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang kesehatan jiwa, seperti puskesmas, rumah sakit, atau klinik.

Rehabilitasi Medis

Rehabilitasi medis adalah sebuah proses yang dilakukan untuk membantu pasien yang menderita gangguan kesehatan mental dan/atau fisik akibat penyalahgunaan narkoba.
Tujuan utama dari rehabilitasi medis ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan kembali mereka ke jalan yang benar. Selain itu, manfaat lain dari rehabilitasi medis ini antara lain adalah:

● Membantu pasien untuk bisa beradaptasi kembali dengan lingkungan sekitarnya
● Menyiapkan pasien agar bisa bekerja kembali
● Meningkatkan daya tahan tubuh pasien
● Mengajarkan cara hidup sehat kepada pasien

Rehabilitasi Sosial

Rehabilitasi sosial adalah sebuah proses yang dilakukan untuk membantu pengguna narkoba dalam menyesuaikan diri kembali ke masyarakat.

Proses ini biasanya dilakukan di lembaga rehabilitasi, dan tujuannya adalah untuk membantu pengguna narkoba agar dapat hidup normal dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Manfaat dari rehabilitasi sosial antara lain adalah:

● Menyiapkan pengguna narkoba untuk hidup normal di masyarakat
● Membantu mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang layak
● Mendidik mereka tentang cara menghadapi masalah dengan cara yang positif
● Meningkatkan keterampilan mereka agar dapat bersosialisasi dengan baik
● Membantu mereka untuk membangun hubungan yang positif dengan keluarga dan teman.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT