Kemendikbudristek Buka Program Magang & Studi Independen Bersertifikat

ADVERTISEMENT

Kemendikbudristek Buka Program Magang & Studi Independen Bersertifikat

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Rabu, 02 Nov 2022 19:07 WIB
Kemendikbudristek
Foto: Kemendikbudristek
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Telah memasuki angkatan ke-4, pembukaan ini dibuka untuk dunia industri maupun lembaga pendidikan.

Untuk mengikuti kegiatan ini, dunia industri dan lembaga pendidikan bisa mengajukan proposal program hingga 30 November 2022. Sedangkan untuk pendaftaran mahasiswa baru akan dibuka tanggal 15 November hingga 31 Desember 2022.

"MSIB saat ini telah memasuki angkatan 3 dan akan membuka kesempatan untuk dunia industri maupun lembaga pendidikan menjadi mitra di angkatan 4. Angkatan 4 telah dibuka pada tanggal 15 Oktober 2022," ujar Kepala program MSIB, Haryo Kusuma Wibawa dalam keterangan tertulis, Rabu (2/11/2022).

Dengan adanya MSIB ini, Haryo yang kerap dipanggil dengan Tutus, mendorong seluruh perusahaan, baik skala nasional maupun internasional, untuk bisa bergabung.

"Mitra-mitra MSIB yang telah bergabung saat ini sudah lebih dari 400 mitra, mulai dari angkatan 1 hingga angkatan 3," terang Tutus.

Tutus mengatakan dengan bergabung program MISB mitra bisa mendapatkan talenta-talenta berkualitas dari seluruh Indonesia. Apalagi keikutsertaan para mitra ini merupakan salah satu terobosan Sumber Daya Manusia di Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN dalam mencapai target yang telah ditentukan di Rencana Strategis Ditjen Tata Ruang tahun 2020-2024, yaitu penyelesaian 2.000 Rencana Detail Tata Ruang.

KemendikbudristekKemendikbudristek Foto: Kemendikbudristek

Sependapat dengan Tutus, koordinator mitra PT Astra Honda Motor Friska Yanet mengatakan kandidat-kandidat dari program MSIB ini cukup baik, sehingga dapat membantu menyelesaikan proyek yang ada dan bisa menjadi salah satu cara sourcing talent yang efektif.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Koordinator mitra Bank Indonesia, Aprilda Rosita F.P. Ia menuturkan program ini mendorong adanya SDM Indonesia yang unggul.

"Dengan mengikuti program MSIB, lembaga berpartisipasi mendorong terciptanya SDM Indonesia Unggul," katanya.

Oleh karenanya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan sebagai bentuk dukungan pembangunan nasional, seluruh industri dan lembaga pendidikan diundang untuk bergabung menjadi bagian dari Mitra Magang & Studi Independen Kampus Merdeka angkatan ke 4 tahun 2023.

Berikut adalah timeline program:

- Pengajuan proposal program: 15 Oktober-30 November 2022

- Proses Reviu Proposal Mitra: 1 November-9 Desember 2022

- Pendaftaran Mahasiswa: 15 November-31 Desember 2022

- Proses seleksi mahasiswa: 1 Desember 2022-8 Januari 2023

- Program dimulai: 10 Februari 2023-selesai (durasi program 5 bulan)

Untuk Info lebih lanjut dan syarat ketentuan mitra MSIB, bisa didapat melalui link berikut ini.

KemendikbudristekKemendikbudristek Foto: Kemendikbudristek

Simak juga 'Kemendikbud-Ristek Harap FFI 2022 Bikin Film Indonesia Semakin Beragam':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT