KSAL Ungkap Daerah Operasional Koarmada I Usai Pindah Markas ke Kepri

ADVERTISEMENT

KSAL Ungkap Daerah Operasional Koarmada I Usai Pindah Markas ke Kepri

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 31 Okt 2022 14:04 WIB
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan prajuritnya siap mengamankan KTT G20 di Bali. TNI AL mengerahkan 3.000 personel, KRI, hingga helikopter. (Wildan N/detikcom)
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (Wildan N/detikcom)
Jakarta -

TNI Angkatan Laut (AL) mulai melakukan proses pemindahan Koarmada I ke Tanjung Uban, Kepulauan Riau (Kepri). Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan daerah operasional Koarmada I setelah pindah markas ke Kepri.

Yudo mengatakan nantinya daerah operasional Koarmada I mencakup daerah rawan, termasuk dalam hal ini wilayah perairan Natuna, Selat Malaka, hingga Selat Singapura. Ini direncanakan akan efektif berjalan mulai 2023.

"Tahun 2023 sudah efektif semuanya bisa melaksanakan tugas dengan efektif dan efisien dalam tugas pengendalian, dan efektif dalam pangkalan di daerah-daerah yang rawan strategis pangkalannya di Tanjung Uban. Daerah operasionalnya di Natuna Utara, Selat Malaka, dan Selat Singapura," kata Yudo di Jakarta Utara, Senin (31/10/2022).

Yudo menambahkan, pemindahan Koarmada I sudah berjalan dan diupayakan rampung pada 5 Desember mendatang. Menurutnya, saat ini pergeseran personil dan material sudah mulai dilakukan.

"Sehingga 5 Desember harus sudah settle di sana untuk Armada I. Nah sekarang ini sudah mulai melaksanakan pergeseran personel. Kemudian pergeseran material," ujarnya.

Yudo menyebut personel yang akan mengisi Koarmada I tidak akan dirombak sepenuhnya. Tetapi, menurut dia, sebanyak 80% personel Lantamal 4 akan mengisi Koarmada I.

"Ya tentunya ini personel tidak langsung kita rombak semuanya ke sana, ini memanfaatkan personel yang sudah ada di sana. Jadi personel Armada I itu nanti 80% diawaki personel Lantamal 4 yang sudah settle di sana," ucap Yudo.

"Personel Lantamal 4 yang ada di Batam, nanti diawaki oleh Lanal Batam. Nah personel Lanal Batam, nanti kita ambil sedikit, kemudian ditambah lagi dengan personel dari Satdik (satuan pendidikan) di Tanjung Leban," tambahnya.

Yudo menambahkan, nantinya akan ada beberapa perubahan menyusul perpindahan Koarmada I ini. Lantamal IV direncanakan pindah ke Batam dan Lanal Batam pindah ke Tanjung Uban dan menjadi Lanal Bintan.

"Sehingga harapan saya tanggal 5 Desember sudah settle semuanya. Jadi Armada I di Tanjung Pinang, Lantamal 4 di Batam, Lanal Batam menjadi Lanal Bintan. Kemudian Guspurla (gugus tempur laut) I sudah settle di Natuna, kemudian Guskamla (gugus keamanan laut) I sudah settle di Sabang," imbuhnya.

(fas/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT