Pilog Nyatakan Distribusi Pupuk Tetap Berjalan Usai Insiden Kapal Terbakar

ADVERTISEMENT

Pilog Nyatakan Distribusi Pupuk Tetap Berjalan Usai Insiden Kapal Terbakar

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 31 Okt 2022 12:03 WIB
Kebakaran kapal pengangkut pupuk di Cilegon.
Kebakaran kapal pengangkut pupuk di Cilegon. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

PT Pupuk Indonesia Logistik (Pilog) memastikan proses distribusi bahan baku pupuk tetap berjalan normal usai sempat ada kendala di kapal KM. Abusamah. Sebelumnya ruangan mesin kapal Abusamah sempat terjadi kebakaran, tetapi api sudah dipadamkan.

Kapal kargo muatan bahan baku pupuk NPK ini mengalami kendala mesin sejak pukul 05.21 WIB pada Minggu (30/10) saat bersandar di dermaga milik PT KBS Cigading, Banten.

"Proses pendistribusian bahan baku pupuk melalui kapal-kapal milik Pilog tetap berjalan dan bisa dipastikan aman terkendali. Sehingga produksi dan pasokan pupuk petani tetap dapat terpenuhi sesuai dengan yang ditetapkan Pemerintah," kata Sekretaris Perusahaan (Sekper) Pilog, Prasongko, dalam keterangannya, Senin (31/10/2022).

Ia menyebut, awalnya mesin Kapal KM Abusamah sempat mengalami kebakaran. Pilog lalu berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Kepolisian dalam hal ini Polair, TNI-AL, Pelindo (Kepanduan) dan JAI Pelindo, Bakamla, Basarnas, dan PT KBS.

Sementara itu penyebab kebakaran pada mesin kapal tersebut masih ditelusuri. Namun dari hasil koordinasi yang dilakukan, kebakaran tersebut sudah dapat diselesaikan pada pukul 16.20 WIB.

Adapun awak kapal KM. Abusamah berhasil dievakuasi dan seluruhnya dalam keadaan sehat.

"Api dinyatakan padam oleh pihak otoritas (KSOP) pada pukul 16.20 WIB. Kami juga menginstruksikan GM Operasional dan Manager HSSE PT Pupuk Indonesia Logistik berada di lokasi pemadaman untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait" ungkapnya.


Kapal Muatan Pupuk Terbakar di Pelabuhan Cilegon

Sebelumnya, Sebuah kapal pengangkut pupuk, MV Abu Samah, terbakar di pelabuhan milik PT Krakatau Bandar Samudera, Cilegon. Kapal tersebut diketahui baru memuat pupuk di pelabuhan tersebut.

Api pertama kali terlihat dari ruang mesin kapal sekitar pukul 05.30 WIB. Posisi kapal saat terbakar sedang memuat pupuk di jety 3 B Krakatau International Port tersebut.

"Telah terjadi kebakaran di ruang mesin kapal Abu Samah yang sedang melakukan loading/memuat pupuk jenis Dea Amonium Phospat (DAP) milik PT PUSRI dengan PBM PT KJS dan Agen PT GTM, dan saat kejadian telah termuat sekitar 1.300 ton pupuk DAP dari sekitar 5.000 ton kapasitas muatan," kata petugas Basarnas Merak, Bambang Sumantri, dalam keterangannya, Minggu (30/10/2022).

Api yang membakar mesin diketahui semakin membesar setengah jam kemudian. ABK yang berada di kapal saat itu diminta evakuasi diri.

Simak juga 'Saat Proses Evakuasi ABK Kapal Kargo yang Terbakar di Cilacap':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT