Kapal Pengangkut Pupuk Terbakar di Pelabuhan Cilegon

ADVERTISEMENT

Kapal Pengangkut Pupuk Terbakar di Pelabuhan Cilegon

M Iqbal - detikNews
Minggu, 30 Okt 2022 14:17 WIB
Kebakaran kapal pengangkut pupuk di Cilegon.
Kebakaran kapal pengangkut pupuk di Cilegon. (Foto: dok. Istimewa)
Cilegon -

Sebuah kapal pengangkut pupuk, MV Abu Samah, terbakar di pelabuhan milik PT Krakatau Bandar Samudera, Cilegon. Kapal tersebut diketahui baru memuat pupuk di pelabuhan tersebut.

Api pertama kali terlihat dari ruang mesin kapal sekitar pukul 05.30 WIB. Posisi kapal saat terbakar sedang memuat pupuk di jety 3 B Krakatau International Port tersebut.

"Telah terjadi kebakaran di ruang mesin kapal Abu Samah yang sedang melakukan loading/memuat pupuk jenis Dea Amonium Phospat (DAP) milik PT PUSRI dengan PBM PT KJS dan Agen PT GTM, dan saat kejadian telah termuat sekitar 1.300 ton pupuk DAP dari sekitar 5.000 ton kapasitas muatan," kata petugas Basarnas Merak, Bambang Sumantri, dalam keterangannya, Minggu (30/10/2022).

Api yang membakar mesin diketahui semakin membesar setengah jam kemudian. ABK yang berada di kapal saat itu diminta evakuasi diri.

"Mengetahui asap keluar dari sekitar ruang mesin dan kepulan asap semakin membesar, dan memberitahukan semua ABK kapal agar dievakuasi keluar untuk keselamatan," katanya.

ABK kapal kemudian meminta bantuan pihak pelabuhan untuk bantu memadamkan. Dua jam kemudian, api semakin membesar, hingga pemadaman harus menggunakan kapal lain dari Basarnas, Polair, dan TNI AL.

"Proses pemadaman masih berlangsung, karena api semakin membesar dan dikhawatirkan merembet ke Kapal lain yang sandar, maka kapal yang terbakar di geser ke tengah laut dengan menggunakan 4 Tugbot Posisi kapal sekarang lego jangkar di sekitar Pulau Ular dalam proses pemadaman," katanya.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT