Hendak Melahirkan, Ibu di Pandeglang Ditandu Gegara Jalan Rusak Parah

ADVERTISEMENT

Hendak Melahirkan, Ibu di Pandeglang Ditandu Gegara Jalan Rusak Parah

Aris Rivaldo - detikNews
Sabtu, 29 Okt 2022 21:09 WIB
Ibu Hamil di Pandeglang ditandu karena jalan menuju Puskesmas rusak parah
Foto: Ibu Hamil di Pandeglang ditandu karena jalan menuju Puskesmas rusak parah (dok. istimewa)
Jakarta -

Video seorang ibu di Pandeglang harus ditandu untuk melahirkan. Hal itu dilakukan lantaran akses jalan untuk menuju Puskesmas rusak parah.

Dari video yang dilihat, Sabtu (29/10/22) terlihat seorang ibu ditandu mengunakan sarung dan bambu oleh warga sekitar. Ibu tersebut bernama Asmariah (21) warga Kampung Babakan sawah, Desa Leuwibalang, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang.

"Ditandu abis Dzuhur tadi siang ke Pustu (Puskesmas pembantu) karena air ketuban udah bocor," kata Esih sepupu Asmariah.

Esih menceritakan awalnya Asmariah harus ditandu sekitar 7 kilometer untuk menuju Puskesmas. Ia mengatakan Asmariah hanya ditandu sekitar 1 kilometer lantaran bidan desa sudah ada di Puskesmas pembantu Lewibalang.

"Rencana mau melahirkan dibawa ke Puskesmas dengan jarak 7 kilometer. Ada bidan yang diutus Puskesmas ke Pustu leuwibalang, akhirnya digotong sekitar 1 kilometer," terangnya.

Esih mengatakan harus menandu saudaranya tersebut lantaran jalan di desa tersebut rusak parah. Menurutnya, kondisi jalan tersebut sulit dilintasi oleh kendaraan.

"Jalannya batu bercampur tanah, kaya adonan pisang goreng," katanya.

Warga lainnya Angga mengatakan peristiwa warga ditandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sering terjadi. Menurutnya, kondisi jalan yang belum pernah diperbaiki oleh pemerintah memaksa warga harus menandu pasien untuk mendapatkan perawatan kesehatan.

"(Ditandu) bukan sering-sering lagi. Bertahun-tahun nggak dibangun jalan. Padahal itu jalan utama," katanya.

(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT