LaNyalla Tegaskan Pancasila Adalah Way Of Life Menuju Indonesia Emas

ADVERTISEMENT

LaNyalla Tegaskan Pancasila Adalah Way Of Life Menuju Indonesia Emas

Mega Putra Ratya - detikNews
Sabtu, 29 Okt 2022 20:02 WIB
Ketua DPD RI LaNyalla
Foto: DPD RI
Jakarta -

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menegaskan jika Pancasila merupakan way of life menuju Indonesia Emas tahun 2045. Dikatakan LaNyalla, secara sederhana dapat dikatakan Indonesia Emas akan tercapai bila nilai-nilai Pancasila di semua lini kehidupan.

"Sehingga harus dikolaborasikan, karena memang Pancasila adalah way of life bangsa," tegas LaNyalla dalam keterangannya Sabtu (29/10/2022).

Hal itu ditegaskan LaNyalla dalam Seminar Nasional III secara virtual yang dihelat Himpunan Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada dengan tema "Kolaborasi Nilai-Nilai Pancasila Menuju Indonesia Emas", Sabtu (29/10).

Dijelaskan LaNyalla, dalam pidatonya di Universitas Airlangga Surabaya pada tanggal 24 September 1955, Bung Karno mengatakan bahwa Pancasila sama sekali bukan ciptaannya. Pancasila sudah ada sebelum Republik ini ada, jauh di era Kerajaan dan Kesultanan Nusantara.

"Itu artinya, dalam kajian ontologis, keberadaan Pancasila adalah spirit dan nilai-nilai masyarakat Nusantara, sebelum Indonesia diproklamasikan. Sehingga, spirit dan nilai-nilai dari Pancasila sejatinya adalah watak dasar atau DNA sli bangsa di Nusantara ini," ujar LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu menyebut Pancasila merupakan warisan luhur bangsa di Nusantara ini, yang disepakati oleh para pendiri bangsa sebagai way of life bangsa ini, sebagai Staats Fundamental Norm, sekaligus sebagai grondslag dan pedoman dasar dalam berbangsa dan bernegara.

"Sehingga sudah seharusnya kita menjadikan Lima Sila dalam Pancasila sebagai pedoman dalam kita menjalankan negara ini. Itulah mengapa Pancasila harus dijabarkan dalam pasal-pasal dan penjelasan konstitusi kita. Yang artinya diimplementasikan sebagai Norma Hukum Tertinggi," papar LaNyalla.

Baca halaman selanjutnya persoalan mendasar bangsa saat ini adalah..



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT