Fakta-fakta Paus Biru 'Mamalia Raksasa' Terdampar di Raja Ampat

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Paus Biru 'Mamalia Raksasa' Terdampar di Raja Ampat

Jonh Roy Purba - detikNews
Sabtu, 29 Okt 2022 17:31 WIB
Seekor paus biru ditemukan terdampar di Raja Ampat, Pulau Papua. Hewan berukuran raksasa tersebut ditemukan oleh nelayan setempat dalam keadaan sudah mati.
Paus biru terdampar di Raja Ampat, Papua (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Seekor paus biru ditemukan terdampar di Raja Ampat, Pulau Papua. Hewan berukuran raksasa tersebut ditemukan oleh nelayan setempat dalam keadaan sudah mati.

Polisi setempat telah mengevakuasi mamalia terbesar di dunia tersebut pasca menerima laporan penemuannya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lokasi Paus Biru Terdampar di Raja Ampat

Masyarakat dihebohkan dengan penemuan paus biru di pantai antara Tanjung Feddom dan Motolol Kampung Waigama, Distrik Misool Utara, pada Rabu (26/10/2022). Sosok paus biru tersebut pertama kali ditemukan oleh nelayan.

"Benar ada ikan paus biru atau bahasa latinnya balaenoptera musculus dalam keadaan mati," kata Kapolres Raja Ampat Edwin Parsoaran Simamora, dilansir detikSulsel, Sabtu (29/10/2022).

Seekor paus biru ditemukan terdampar di Raja Ampat, Pulau Papua. Ini merupakan ilustrasi paus biru.Seekor paus biru ditemukan terdampar di Raja Ampat, Pulau Papua. Ini merupakan ilustrasi hewan paus biru. (Foto: CNN)

Identifikasi Paus Biru di Raja Ampat

Paus biru yang ditemukan di perairan Misool Utara, Kabupaten Raja Ampat, Papua itu memiliki ukuran yang besar. Berikut ciri-ciri ikan paus tersebut.

  • Berat badan: 4000 kg
  • Panjang badan: 6 meter.

Dugaan Penyebab Paus Biru Terdampar

Ikan paus tersebut diduga terpisah dari kawanannya karena terseret badai ombak sehingga terdampar di pantai. Kapolres Raja Ampat Edwin Parsoaran Simamora mengatakan pihaknya menyelidiki penyebab kematian ikan paus biru tersebut.

"Dugaan sementara, akibat badai angin barat hingga ikan itu kehilangan navigasi dan mungkin terpisah dari kawanannya. Diperkirakan ikan itu terkena badai dari Maluku hingga ke Utara. Tak ada luka-luka ditemukan. Namun masih dilakukan pemeriksaan," kata Edwin, dikutip detikcom, Sabtu (29/10/2022).

Paus Biru Terdampar di Raja Ampat Selama 3 Hari

Kapolres Raja Ampat Edwin Parsoaran Simamora menyebut jika paus biru yang ditemukan di Raja Ampat tersebut sudah terdampar selama tiga hari. Ia bersama pihak kepolisian setempat berkoordinasi terkait lokasi ikan besar tersebut akan dikuburkan.

"Kami masih lakukan koordinasi akan dikuburkan dimana ikan itu. Ini kan membutuhkan alat berat untuk menggali. Nah sementara lokasi penemuan jauh. Jadi kami perlu mendiskusikan ke seluruh pihak. Yang pasti ikan itu tak boleh dibiarkan membusuk begitu saja di pinggir pantai," ucap Edwin.

Simak juga Video: Penampakan Ratusan Paus Terdampar di Pantai Barat Tasmania

[Gambas:Video 20detik]



(kny/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT