Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa: Makna, Pencipta dan Sejarah

ADVERTISEMENT

Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa: Makna, Pencipta dan Sejarah

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 27 Okt 2022 19:07 WIB
Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa: Makna, Pencipta dan Sejarah
Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa: Makna, Pencipta dan Sejarah | Foto: Getty Images/iStockphoto/CJ_Romas
Jakarta -

Lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa perlu diketahui. Lagu Satu Nusa Satu Bangsa memiliki sejarah berkaitan erat dengan Ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Satu Nusa Satu Bangsa termasuk lagu nasional yang kerap dinyanyikan saat acara hari besar nasional, seperti di Upacara Sumpah Pemuda.

Dalam Pedoman Pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, lagu Satu Nusa Satu Bangsa tidak absen dalam susunan Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2022.

Lantas, bagaimana lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa? Siapa pencipta lagu Satu Nusa Satu Bangsa? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Lagu Satu Nusa Satu Bangsa adalah salah satu lagu nasional Indonesia. Sebagai lagu nasional, lagu Satu Nusa Satu Bangsa sering kali dinyanyikan saat acara ari besar nasional, seperti pada Upacara Hari Sumpah Pemuda.

Seperti dikutip dari buku 'Kumpulan Lagu Wajib Nasional, Tradisional, & Anak Populer' oleh Hani Widiatmoko dan Dicky Maulana, berikut ini lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa.

Lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa:

Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa Kita
Tanah Air Pasti Jaya Pasti Jaya Untuk Slama-lamanya
Indonesia Pusaka Indonesia Tercinta
Nusa Bangsa dan Bahasa Kita Bela Bersama

Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa: Makna, Pencipta dan SejarahLirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa: Makna, Pencipta dan Sejarah | Foto: Getty Images/iStockphoto/CJ_Romas

Makna Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Makna lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa adalah tentang kebangsaan yang luhur dan mulai. Lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa berisi tentang gambaran persatuan seluruh masyarakat Indonesia yang terikat dalam nusa yang satu, bangsa yang satu, dan bahasa yang satu yakni Indonesia.

Lagu Satu Nusa Satu Bangsa mengajak kita sebagai bangsa Indonesia untuk terus membela tanah air tercinta secara bersama-sama agar Indonesia pusaka selalu berjaya selama-lamanya. Maksudnya adalah meskipun negara Indonesia memiliki banyak suku, ras, bahasa daerah, agama dan lain-lain yang berbeda-beda, tetapi kita tetap satu bangsa yakni Indonesia.

Pencipta Satu Nusa Satu Bangsa: L. Manik

Siapa pencipta lagi Satu Nusa Satu Bangsa? Sosok pencipta lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa adalah L. Manik atau Liberty Manik. Dikutip dari situs resmi Garuda Kemdikbud, Libery Manik putra daerah kabupaten Dairi yang lahir pada tanggal 21 Nopember 1924 di desa Huta Manik, Kecamatan Sumbul Pegagan.

Pengalaman batin akan peristiwa-peristiwa pasca kemerdekaan Indonesia telah mendorong Liberty Manik menciptakan lagu Satu Nusa Satu Bangsa yang bertujuan sebagai propogadis semangat kebangsaan seluruh masyarakat Indonesia. Semasa hidupnya Liberty Manik menciptakan tidak kurang dari enam lagu-lagu Indonesia, dua diantaranya bernafaskan nasionalisme yaitu lagu Satu Nusa Satu Bangsa dan Negara Jaya.

Semangat nasionalisme Liberty Manik yang dituangkan dalam bidang musik sebagai seorang seniman menjadikannya menerima penghargaan dari pemerintah Indonesia. Pada tahun 1999, Liberty Manik memperoleh penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma.

Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa: Makna, Pencipta dan SejarahLirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa: Makna, Pencipta dan Sejarah | Foto: Rachman_Foto

Sejarah Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Sejarah lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa ciptaan Liberty Manik ini terinspirasi dari peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yakni Sumpah Pemuda. Seperti dikutip dari buku 'Seni Budaya dan Keterampilan', lagu Satu Nusa Satu Bangsa berkisah tentang Ikrar Sumpah Pemuda, yaitu satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia, serta tekad untuk membela nusa, bangsa, dan bahasa.

Ikrar Sumpah Pemuda lahir berdasarkan hasil Kongres Pemuda Kedua pada tanggal 28 Oktober 1928. Untuk diketahui, berikut ini tiga butir Ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Ikrar Sumpah Pemuda:

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa diciptakan oleh L. Manik yang terinspirasi oleh peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 ini bertujuan mempersatukan bangsa Indonesia untuk mewujudkan ikrar satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu Indonesia.

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT