Stok Vaksin Corona di DKI Tipis, Ini 5 Titik Sentra Vaksinasi yang Tersedia

ADVERTISEMENT

Stok Vaksin Corona di DKI Tipis, Ini 5 Titik Sentra Vaksinasi yang Tersedia

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 25 Okt 2022 18:21 WIB
Vaccine and syringe injection It use for prevention, immunization and treatment from COVID-19
Ilustrasi Vaksin COVID-19 (Getty Images/iStockphoto/kiattisakch)
Jakarta -

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melaporkan saat ini ketersediaan vaksin COVID-19 di gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan telah habis. Saat ini, hanya 5 lokasi yang masih membuka layanan penyuntikan vaksin COVID-19.

"Sudah nggak ada sama sekali itu (di gudang). Sekarang ini sisanya di layanan," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama saat dihubungi, Selasa (25/10/2022).

"Kami sedang inventaris ulang memang tadi terakhir saya lihat sudah tinggal 5 layanan kalau tidak salah se-Jakarta," lanjutnya.

Ngabila menyampaikan, saat ini pihaknya hanya memiliki stok ratusan dosis vaksin yang tersebar di sejumlah wilayah Jakarta. Adapun jenis vaksin yang tersedia ialah Sinovac dan Pfizer.

"Bisa dosis 1, 2, 3. Kan memang vaksin tersebut bisa untuk dosis 1, 2, 3. Siapa yang dateng, kita layani. Nggak mesti harus booster," ujarnya.

Saat ini, pihaknya menunggu kedatangan stok vaksin yang didistribusikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Mengingat regulasi pendistribusian vaksinasi COVID-19 ada di tangan Kemenkes.

"Intinya kami menunggu kiriman kembali dari Kemenkes terkait dengan ini," jelasnya.

Berikut ini daftar 5 lokasi sentra vaksinasi COVID-19 yang masih membuka layanan penyuntikan:

1. Puskesmas Gambir

2. Sentra Vaksin LRT

3. Puskesmas Kelapa Gading

4. Puskesmas Kramat Jati

5. Puskesmas Jatinegara.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melaporkan kekosongan stok vaksin Corona atau COVID-19 di Ibu Kota. Pemprov DKI masih menunggu distribusi vaksin COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI.

"Hikss, maaf ya, saat ini kuota vaksinasi COVID-19 masuk kosong," tulis akun Instagram Aplikasi Jakarta Kini, @jakisuperapp, Jumat (21/10).

"Tenang, kalo ada info dari Kementerian Kesehatan RI, nanti JAKI spill," lanjutnya.

Twitter Pemprov DKI Jakarta, @DKIJakarta, juga menyatakan layanan penyuntikan vaksin Corona ditutup sementara. Penutupan dilakukan karena stok vaksin COVID-19 habis.

"Mohon maaf sebelumnya, saat ini Pelayanan Vaksin COVID-19 ditutup sementara karena ketidaktersediaan vaksin," tulis Pemprov DKI.

Pemprov DKI mengimbau masyarakat agar melakukan pengecekan ketersediaan stok vaksin secara berkala melalui website corona.jakarta.go.id.

"Terkait informasi ketersediaan kuota vaksin terbaru, mohon untuk melakukan pengecekan secara berkala pada corona.jakarta.go.id," demikian penjelasan Pemprov DKI.

(taa/yld)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT