Vaksin COVID DKI Habis, Kemenkes Upayakan Relokasi Stok dari Daerah Lain

ADVERTISEMENT

Vaksin COVID DKI Habis, Kemenkes Upayakan Relokasi Stok dari Daerah Lain

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 22 Okt 2022 07:24 WIB
Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk vaksinasi COVID-19, dr Siti Nadia Tarmizi (YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk vaksinasi COVID-19, dr Siti Nadia Tarmizi (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menyampaikan bahwa stok vaksin virus Corona (COVID-19) telah habis di wilayahnya. Kementerian Kesehatan menyebut akan berupaya memenuhi kembali vaksin di Jakarta.

"Program vaksinasi tidak ditunda. Kemenkes terus melakukan upaya dengan relokasi dari stok vaksin yang masih banyak," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Siti Nadia Tarmizi, saat dihubungi, Jumat (21/10/2022).

Kondisi mencari vaksin di kawasan lain untuk dikirim ke Jakarta dilakukan sementara. Selain itu, Siti menyebut sedang menunggu produksi dari dalam negeri, dan kiriman vaksin dari luar.

"Sambil menunggu produksi dalam negeri dan kedatangan dari COVAX minggu ini," katanya.

Pengiriman untuk memenuhi stok vaksin tak hanya untuk Jakarta. "Semua provinsi," kata Siti.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta melaporkan stok vaksin Corona atau COVID-19 di Ibu Kota telah habis. Pemprov DKI masih menunggu distribusi vaksin COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI.

"Hikss, maaf ya, saat ini kuota vaksinasi COVID-19 masuk kosong," tulis akun Instagram Aplikasi Jakarta Kini, @jakisuperapp.

"Tenang, kalo ada info dari Kementerian Kesehatan RI, nanti JAKI spill," lanjutnya.

Twitter Pemprov DKI Jakarta, @DKIJakarta, juga menyatakan layanan penyuntikan vaksin Corona ditutup sementara. Penutupan dilakukan karena stok vaksin COVID-19 habis.

"Mohon maaf sebelumnya, saat ini Pelayanan Vaksin COVID-19 ditutup sementara karena ketidaktersediaan vaksin," tulis Pemprov DKI.

Pemprov DKI mengimbau masyarakat melakukan pengecekan ketersediaan stok vaksin secara berkala melalui website corona.jakarta.go.id.

"Terkait informasi ketersediaan kuota vaksin terbaru, mohon untuk melakukan pengecekan secara berkala pada corona.jakarta.go.id," demikian penjelasan Pemprov DKI.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan stok vaksin COVID-19 di Ibu Kota mulai menipis. Saat ini, DKI tengah menunggu distribusi stok vaksin dari Kementerian Kesehatan.

"Vaksinasi COVID masih berjalan, memang kita sekarang sedang shortage (kurang) untuk vaksinnya. Kita juga sama-sama nunggu dapat distribusi vaksin lagi dari Kemenkes," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia saat dimintai konfirmasi, Jumat (21/10).

Lihat juga Video: Vaksin IndoVac Akan Digunakan untuk Bantu Penanganan Pandemi di Dunia

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT