Waket MPR Dorong Sinergi Lintas Sektor buat Genjot Kualitas Gizi Anak

ADVERTISEMENT

Waket MPR Dorong Sinergi Lintas Sektor buat Genjot Kualitas Gizi Anak

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 24 Okt 2022 17:05 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan upaya peningkatan kualitas gizi anak Indonesia membutuhkan sinergitas sektor pendidikan, penelitian, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Menurutnya, diversifikasi konsumsi pangan harus dikedepankan untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak bangsa.

"Di tengah merebaknya beragam penyakit di dunia saat ini, upaya pencegahan penyakit dari sisi hulu lewat gerakan mengonsumsi makanan bergizi lokal untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat sangat penting dilakukan," kata Lestari dalam keterangannya, Senin (24/10/2022).

Ia mengulas temuan Koalisi Perlindungan Kesehatan Masyarakat (Kopmas) menyebutkan banyak masyarakat abai terhadap asupan gizi anak yang dilatarbelakangi masalah ekonomi keluarga dan pengetahuan keluarga yang minim tentang gizi. Menurut Kopmas, kesalahan konsumsi makanan dan minuman oleh anak yang terjadi antara lain adalah konsumsi kental manis sebagai minuman susu, kebiasaan konsumsi makanan instan, serta pemberian makanan padat untuk bayi sebelum usia 6 bulan.

Lestari menyatakan upaya meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat lewat membudayakan asupan bergizi yang bersumber dari bahan pangan lokal harus menjadi sebuah gerakan dan harus mendapat dukungan semua pihak. Ia menjabarkan temuan sejumlah penyimpangan dalam memberi asupan terhadap anak harus segera ditindaklanjuti dengan segera lewat sejumlah langkah yang menyeluruh.

Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu mengatakan kolaborasi dengan sejumlah sektor seperti sektor pendidikan, penelitian dan pemerintah pusat serta daerah harus diwujudkan untuk mengatasi permasalahan gizi. Ia menegaskan upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya asupan gizi berimbang yang bersumber dari bahan pangan lokal harus segera dan konsisten dilakukan.

Lestari berharap dengan asupan gizi yang berimbang setiap anak bangsa mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya di tengah ancaman sejumlah penyakit saat ini. Selain itu, Lestari mendorong kolaborasi berbagai sektor dalam penanggulangan penyakit yang saat ini merebak seperti gejala gagal ginjal akut pada anak di sejumlah daerah harus terus ditingkatkan, lewat kebijakan yang lebih sistematis dan terukur.

Lihat juga video 'BKKBN Bicara Soal Dampak Broken Home pada Gizi Anak':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT