Kadishub Akan Atur Sepeda Listrik Berbayar di Bogor Tak Parkir di Trotoar

ADVERTISEMENT

Kadishub Akan Atur Sepeda Listrik Berbayar di Bogor Tak Parkir di Trotoar

M Solihin - detikNews
Senin, 24 Okt 2022 16:20 WIB
Titik parkir sepeda listrik sewaan di beberapa ruas utama Kota Bogor. Sepeda listrik ini diparkir di trotoar hingga mengganggu pejalan kaki
Titik parkir sepeda listrik sewaan di beberapa ruas utama Kota Bogor. Sepeda listrik ini diparkir di trotoar hingga mengganggu pejalan kaki. (Solihin/detikcom)
Jakarta -

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bogor Dody Wahyudin menanggapi soal titik parkir atau pangkalan sepeda listrik berbayar di trotoar Kota Bogor hingga mengganggu pejalan kaki. Menurutnya, pengelola harus membuat lokasi parkir atau pangkalan sepeda listrik berbayar tersebut.

"Ini juga jadi kendala juga kalau mereka (sepeda listrik berbayar) parkir di trotoar, memang dampaknya sekarang mengganggu juga pejalan kaki, jadi kita harapkan nanti mereka tidak lagi parkir di trotoar, apalagi akhirnya mengganggu pejalan kaki dan tunanetra ya," kata Dody Senin (24/10/2022).

"Karena saya sendiri melihatnya kalau mereka parkir di trotoar itu kan fungsi pejalan kaki terganggu juga, walaupun itu sepeda juga," tambahnya.

Dody mengatakan terkait trotoar dijadikan lokasi parkir atau pangkalan sepeda listrik berbayar masih dikoordinasikan dengan bidang terkait di Dishub Kota Bogor.

"Nah terkait (sepeda listrik berbayar) parkir yang di trotoar atau (jalur) pedestrian, kemarin sore kita juga sudah kordinasi dan sedang dicek kembali terkait PKS (perjanjian kerja sama)-nya, karena itu ada di bidang angkutan, jadi kita sedang kita sedang koordinasikan terkait PKS dan titik-titik parkirnya," kata Dody.

"Intinya harus di siapkan parkir sepeda listrik di luar (jalur) pedestrian," tambahnya.

Aduan masyarakat terkait sepeda listrik berbayar di Kota Bogor ternyata bukan hanya soal titik parkir atau pangkalan, tetapi juga termasuk soal perilaku penyewa yang masih nekat melaju di jalan raya ketika menggunakan sepeda listrik. Dody mengatakan sepeda listrik berbayar seharusnya melaju di jalur khusus sepeda yang sudah disediakan Pemkot Bogor.

"Sepeda listrik ini belakangan memang akhirnya jadi sorotan juga ya, karena kemarin kita juga menemukan beberapa ada yang keluar dari jalurnya, jadi mereka (penyewa sepeda listrik) masuk ke jalan raya," kata Dody yang awalnya dimintai tanggapan soal titik parkir (pangkalan) sepeda listrik tutup trotoar dan ganggu pejalan kaki, Senin (24/10/2022).

"Hal ini juga sudah saya konfirmasi dan koordinasikan dengan petugas di lapangan untuk kembali mengarahkan para pemakai sepeda listrik untuk tidak menggunakan jalan raya, karena sesuai dengan fungsi dan perjanjian awalnya tidak untuk di jalan raya, tetapi di jalur sepeda yang sudah ada," tambah Dody.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT