Andre Rosiade Minta Mahyeldi Kirim Surat Jaminan soal Tol Padang-Sicincin

ADVERTISEMENT

Andre Rosiade Minta Mahyeldi Kirim Surat Jaminan soal Tol Padang-Sicincin

Yulida Medistiara - detikNews
Sabtu, 22 Okt 2022 12:48 WIB
Andre Rosiade
Andre Rosiade (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade mendesak Gubernur Sumbar Mahyeldi mengirim surat jaminan pemerintah daerah ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Surat tersebut untuk memberi dukungan dilanjutkannya proyek pembangunan jalan tol Padang-Sicincin yang sempat terhenti.

"Menteri PUPR ingin adanya surat jaminan dari Pemprov Sumbar. Surat bahwa Pemprov Sumbar memberikan dukungan penyelesaian tol ini. Pak Menteri meminta dikeluarkan surat oleh Pemprov dan PT Hutama Karya (HK) dibolehkan kembali bekerja membangun tol," kata Andre dalam keterangannya, Sabtu (22/10/2022).

Andre Rosiade mengatakan, dari sisi PT Hutama Karya sudah menyatakan kesiapan untuk bekerja setelah terhenti sekitar 1,5 tahun, baik dari segi peralatan maupun pendanaan. Namun Andre menyebut PT Hutama Karya terkendala persetujuan dari Menteri PUPR karena PUPR masih menunggu surat jaminan dari daerah.

"Untuk itu, kita minta Pak Gubernur Sumbar bersurat resmi ke Menteri PUPR. Sehingga surat jaminan mendukung pembangunan ini bisa membuat HK langsung bekerja. Jaminan dukungan ini termasuk pembebasan lahan lebih dipercepat," kata pria yang juga menjabat Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu.

Andre berharap semua pihak turut membantu agar pekerjaan tol kembali dilanjutkan. Sebab, sudah jauh tertinggal dari daerah-daerah lain.

"Surat jaminan itu pastinya juga soal pembebasan lahan. Di surat itu Pemprov diminta menjelaskan kepada Menteri PUPR soal berapa lahan yang sudah dibebaskan. Sisanya berapa lama lagi dituntaskan. Dan Pak menteri akan mengeluarkan izin HK kembali melanjutkan pembangunan," ujar Andre, yang juga Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM).

Sebelumnya, Selasa (18/10/2022), Gubernur Sumbar Mahyeldi menyebutkan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru di wilayah Sumbar sedang dalam proses pembebasan lahan. "Saat ini progres pembebasan lahan untuk seksi I, yaitu Padang-Sicincin, sudah mencapai 81 persen," kata Mahyeldi.

Mahyeldi bahkan menyebut, untuk pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, pihaknya sudah bertemu dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melaporkan progres pembebasan lahan yang sudah rampung hingga 81 persen.

Simak juga Video: Ini Jalan Tol yang Bakal Pakai Sistem Bayar Pakai HP

[Gambas:Video 20detik]




(yld/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT