Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Tebet, Gatot Bicara Persatuan Umat

ADVERTISEMENT

Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Tebet, Gatot Bicara Persatuan Umat

Hanafi - detikNews
Jumat, 21 Okt 2022 08:00 WIB
Gatot Nurmantyo di acara peringatan Maulid Nabi di Tebet
Foto: Gatot Nurmantyo di acara peringatan Maulid Nabi di Tebet (Hanafi/detik)
Jakarta -

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menghadiri peringatan Maulid Nabi di Tebet, Jakarta Selatan pagi ini. Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan soal persatuan umat.

Mulanya, Gatot menceritakan soal dua suku besar di Arab yakni suku Aus dan Khazraj yang sempat berperang. Dia menyebut perang itu disebabkan lantaran adanya penyusup yang berasal dari kaum Yahudi.

"Karena pada masanya di Madinah ada dua kabilah, yaitu kabilah Aus dan kabilah Khazraj, di mana keduanya tadinya akur, tiba-tiba disusupi oleh dua kelompok besar Yahudi," kata Gatot Nurmantyo di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/2022).

Dia menyebut akibat perang saudara itu keduanya mengalami kerugian. Dampaknya, tanah, ekonomi hingga politik digadaikan.

"Di mana keduanya menjadi sangat merugikan... Sehingga, tanah digadaikan, politik digadaikan, ekonomi digadaikan," tuturnya.

Kemudian, Nabi Muhammad SAW datang dan mendamaikan kedua suku tersebut hingga menjadi kelompok bernama Ansor. Gatot menyebut persatuan umat itu serupa dengan perintah salat.

"Intinya adalah persatuan umat, sama seperti perintah Allah, salat," kata dia.

Dia berharap, umat Islam di Indonesia dapat bersatu seluruhnya dan patuh kepada ulama. Sebab, Gatot percaya kepatuhan umat dapat membawa keamanan bagi negara.

"Maka saya harap, kalau negara hang mayoritas islam ini, ulamanya bersatu dan para umat sangat patuh kepada ulama, maka, negara ini akan aman," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Pangdam Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto turut memberikan sambutannya. Dia menyebut peringatan Maulid ini dapat mendidik umat melakukan hal yang baik.

"Silaturahmi dan komunikasi seperti ini sangat diharapkan untuk kita semuanya memberikan keamanan kepada warga Jakarta dan sekitarnya," kata Mayjen Untung Budiharto.

Dia mengajak para peserta peringatan Maulid ini untuk selalu berkomunikasi dan mempererat diri. Menurutnya, hal itu dapat menjaga keamanan dan ketertiban warga.

"Marilah kita bersama-sama selalu memperat diri, berkomunikasi untuk melakukan hal-hal yang baik. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban kita warga Jakarta dan lain-lain," terangnya.

Selain itu, Untung juga mengajak para peserta peringatan Maulid untuk selalu melakukan hal-hal yang terbaik.

"Saya hanya ingin mengimbau dan mengajak bahwa saya berada di tengah-tengah para alim. Yang fungsinya sangat luar biasa dalam mendidik umat untuk melakukan hal-hal yang terbaik," tutup Untung.

Lihat juga Video: Hadiri Peringatan Maulid, Kapolri Harap Anggota Teladani Nabi Muhammad

[Gambas:Video 20detik]




(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT