KSP: Ada Kecenderungan Radikalisme Meningkat di Tahun Politik 2023-2024

ADVERTISEMENT

KSP: Ada Kecenderungan Radikalisme Meningkat di Tahun Politik 2023-2024

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 20 Okt 2022 15:06 WIB
Moeldoko
Moeldoko (Foto: Dok KSP)
Jakarta -

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mewanti-wanti potensi radikalisme akibat politik identitas. Moeldoko menyebut ada kecenderungan radikalisme meningkat pada 2023-2024.

"Situasi internal kita juga perlu aware. Dinamika politik dan potensi radikalisme akibat politik identitas, survei BNPT pada tahun 2020 potensi radikalisme 14 persen. Itu data dalam kondisi anomali saat pandemi. Tahun politik pada 2023-2024 ada kecenderungan meningkat," kata Moeldoko kepada wartawan di Kompleks Istana, Kamis (20/10/2022).

Moeldoko mengatakan semua pihak harus membangun kesadaran terkait potensi ancaman radikalisme. "Ini sebenarnya sebuah situasi yang diperlukan untuk membangun awareness tentang radikalisme. Jadi, ini perlu kita announce agar kita semua memiliki awareness," ujar Moeldoko.

Selain itu, Moeldoko mempersilakan pihak yang ragu perihal isu radikalisme untuk menanyakan langsung ke BNPT. Moeldoko mengatakan BNPT mempunyai standar tersendiri terkait isu radikalisme.

"Stigma radikalisme itu apakah buatan versi pemerintah, apa kenyataannya tidak seperti itu, ini saya serahkan untuk bertanya langsung kepada BNPT karena mereka yang memiliki standar seseorang dinyatakan masuk kelompok ini dan itu, pasti ada standarnya, nggak mungkin asal-asalan," ujar Moeldoko.

(knv/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT