Heru Budi Tinjau Stasiun Pompa Waduk Pluit-Kali Pulo Jati Padang

ADVERTISEMENT

Heru Budi Tinjau Stasiun Pompa Waduk Pluit-Kali Pulo Jati Padang

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 19 Okt 2022 17:34 WIB
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono meninjau Stasiun Pompa Waduk Pluit dan Kali Pulo Jati Padang (Tiara Aliya/detikcom)
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono meninjau Stasiun Pompa Waduk Pluit dan Kali Pulo Jati Padang (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Stasiun Rumah Pompa Waduk Pluit, Jakarta Utara. Heru mengatakan ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat bersama Kementerian PUPR RI beberapa waktu lalu.

Pantauan detikcom di lokasi, Heru Budi didampingi Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali, serta Kepala Sumber Daya Air DKI Jakarta Yusmada Faizal.

"Yang pertama, hasil bincang-bincang dengan Pak Menteri PUPR terkait dengan tanggul NCICD (National Capital Integrated Coastal Development) terus memastikan pompa, tadi ada bantuan pompa baru dari jepang, menambah debit untuk membuang air ke laut," kata Heru Budi saat ditemui di lokasi, Rabu (19/10/2022).

Di samping itu, pihaknya memastikan seluruh instalasi pipa berfungsi baik sebagai persiapan menghadapi bencana banjir. Sejauh ini, lokasi itu telah memiliki 10 pompa. Beberapa di antaranya hibah dari Jepang.

"Memastikan semua instalasi pompa kita berjalan, BBM, listriknya, sudah ada 10 pompa di sana. Karena musim penghujan," ujarnya.

Setelah itu, Heru dkk bergerak menuju kawasan Jati Padang, Jakarta Selatan. Di sana, pihaknya meninjau kawasan Kali Pulo di Jati Padang, Jakarta Timur.

Diketahui, lokasi ini merupakan daerah langganan banjir ketika musim hujan tiba.

"Hari ini mengecek kondisi riil di lapangan Kali Pulo. Ini tempatnya terkenal, orang bilang 'tanggul Baswedan'. Ini kalau musim hujan, walaupun hujan sebentar, area di bawah ini selalu tergenang," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat mendampingi Heru Budi melakukan peninjauan di lokasi.

"Insyaallah nanti akan dicarikan jalan keluarnya untuk mengatasi banjir tersebut. nanti mungkin secara teknis, kajian, dan sebagainya akan dilakukan oleh Dinas SDA. kami di pemerintah kota siap untuk mengawal dan mengikuti arahan dari pimpinan untuk mengawal agar masyarakat di wilayah sini terbebas dari banjir. masih kajian," tambahnya.

Simak Video 'Saat Balai Kota DKI Kembali Diramaikan Warga yang Sampaikan Aduan':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT