KNKT Temukan 7 Indikasi Malfungsi pada Truk Kecelakaan Maut Cibubur

ADVERTISEMENT

KNKT Temukan 7 Indikasi Malfungsi pada Truk Kecelakaan Maut Cibubur

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 18 Okt 2022 13:11 WIB
Kecelakaan maut melibatkan truk tangki Pertamina terjadi di Jalan Transyogi, Cibubur, Bekasi, Senin (18/7/2022). Begini situasi terkini di lokasi kecelakaan maut tersebut.
Foto: Rengga Sencaya/detikcom
Jakarta -

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membeberkan hasil investigasi penyebab kecelakaan beruntun di Jl Transyogi, Bekasi, Jawa Barat. KNKT menemukan sejumlah indikasi malfungsi pada truk.

"Pengemudi merasakan rem kurang pakem (tidak efektif) di jalan tol," ujar Plt Kepala Subkomite Investigasi Lalu Lintas Angkutan Jalan KNKT Ahmad Wildan dalam konferensi pers, Selasa (18/10/2022).

Indikasi malfungsi yang kedua adalah pengemudi juga mendengar adanya suara mendesis namun tidak diketahui sumbernya dari mana. Ketiga, pada saat kendaraan berjalan, tekanan angin berada pada di 7 bar.

Indikasi yang keempat yakni sopir truk kesulitan melakukan pengereman saat keluar dari gerbang tol Cimanggis. Kelima, pengemudi tidak bisa memindahkan gigi persneling dari 5 ke 3 karena pedal kopling keras.

Indikasi malfungsi yang keenam adalah pengemudi juga berusaha menarik rem trailer, namun tidak bekerja efektif. Terakhir, hand brake truk juga tidak bekerja efektif.

Atas indikasi-indikasi itu, KNKT menyimpulkan tabrakan beruntun disebabkan truk trailer mengalami kegagalan pengereman. Sebab, persediaan udara tekan di tabung berada di bawah ambang batas sehingga tidak mampu melakukan pengereman.

"Dapat disimpulkan bahwa terjadinya tabrakan beruntun yang melibatkan empat mobil penumpang dan 10 sepeda motor tersebut disebabkan truk trailer tangki mengalami kegagalan pengereman karena persediaan udara tekan di tabung berada di bawah ambang batas sehingga tidak cukup kuat untuk melakukan pengereman," jelas Wildan.

Simak juga 'Momen Buntut Kecelakaan Truk Pertamina: Sopir-Kernet Tersangka, U-turn Ditutup':

[Gambas:Video 20detik]

(ain/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT