PDIP Kritik Anies Cuma Realisasikan 5 dari 23 Janji Kampanye, PKS Membela

ADVERTISEMENT

PDIP Kritik Anies Cuma Realisasikan 5 dari 23 Janji Kampanye, PKS Membela

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 14 Okt 2022 06:39 WIB
Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Achmad Yani
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

PKS membela Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dikritik PDIP soal hanya 5 dari 23 janji kampanye yang terealisasi. Menurut PKS, Anies sudah berhasil membuat warga Jakarta puas.

"Kita melihat kinerja Pak Anies sudah cukup bagus. Janji-janjinya sudah banyak. Adapun yang beberapa hal kurang, kita harus pahami karena kondisi pandemi (COVID-19) selama dua tahun kemarin. Kalau saya kira, kita puas dengan kinerja pak Anies," ucap ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani, saat dihubungi, Kamis (23/12/2022).

Yani menyebut beberapa survei mengatakan warga Jakarta puas dengan kinerja Anies. PKS akan segera mengeluarkan catatan atas kinerja Anies.

"Yang merasakan sukses tidak kan masyarakat. Kalau masyarakat, hasil survei merasa puas, betul kinerja bagus, baik. Mungkin, besok kita keluarkan evaluasi terhadap kinerja Pak Anies," katanya.

PDIP Nilai Hanya 5 dari 23 Janji Kampanye Terpenuhi

Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta menyampaikan refleksi kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama 5 tahun memimpin Ibu Kota. Menurut PDIP, Anies hanya berhasil merealisasi 5 dari 23 janji kampanye.

"Lima dari 23. Ini statusnya berhasil atau nggak berhasil, nanti disimpulkan sendiri," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

5 Janji yang dianggap terpenuhi adalah:

1. Memperluas manfaat KJP menjadi KJP Plus pengguna usia 6-21 tahun untuk kelompok belajar paket A, B, C, madrasah, pondok pesantren, kursus, dan bantuan tunai untuk keluarga tidak mampu
- Realisasi: KPJ Plus menjangkau anak putus sekolah bisa digunakan untuk program kejar paket. Namun belum ke madrasah atau sekolah di bawah Kementerian Agama.

2. Menjaga harga kebutuhan pangan di Jakarta dengan mengendalikan inflasi
- Realisasi: inflasi relatif terjaga di level 2,4% selama periode 2018-2021

3. Mengintegrasikan transportasi di DKI Jakarta
- Realisasi: Anies sudah mengintegrasikan transportasi di Jakarta dengan satu harga JakLingko, namun mengorbankan pelayanan, terutama di TransJakarta, yang menyebabkan menumpuknya penumpang di halte-halte TransJakarta.

4. Menyelenggarakan berbagai kesenian Jakarta sepanjang tahun
- Pemprov rutin menggelar festival kesenian sejak 2018.

5. Meningkatkan bantuan hibah untuk lembaga keagamaan dan Orman
- Hibah Rp 352 miliar untuk 131 ormas keagamaan dan tempat ibadah tahun 2022.

Tonton juga Video: Beda Sikap PDIP ke Gerindra-NasDem: Prabowo Tak Bicara Antitesis

[Gambas:Video 20detik]




(aik/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT