PDIP: Hanya 5 dari 23 Janji Anies yang Terealisasi di Jakarta

ADVERTISEMENT

PDIP: Hanya 5 dari 23 Janji Anies yang Terealisasi di Jakarta

Tiara Aliya Azzahra, Brigitta Belia Permata Sari - detikNews
Kamis, 13 Okt 2022 15:39 WIB
Anies Baswedan Capres Nasdem 2024
Anies Baswedan (Iswahyudi/detikcom)
Jakarta -

Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta menyampaikan refleksi kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama 5 tahun memimpin Ibu Kota. Menurut PDIP, Anies hanya berhasil merealisasi 5 dari 23 janji kampanye.

"Lima dari 23. Ini statusnya berhasil atau nggak berhasil, nanti disimpulkan sendiri," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

PDIP turut memaparkan sejumlah janji kampanye yang direalisasi ataupun tak mencapai target. Salah satu janji yang tak sesuai dengan target ialah realisasi naturalisasi hingga capaian pembangunan rumah DP Rp 0 hanya sebesar 2.332 unit dari target semula 232.214 atau hanya 1%.

Sedangkan janji kampanye yang berhasil direalisasi ialah perluasan manfaat KJP Plus yang menjangkau anak putus sekolah untuk program kejar paket. Kemudian, menjaga harga kebutuhan pangan di Ibu Kota.

"Penilaian kami pasti objektif. Tapi apa yang dikatakan kami betul-betul objektif? Nanti beliau yang menilai," jelasnya.

Gembong juga menyoroti selama 5 tahun bekerja di Jakarta, Anies dinilai tak menjalani program-program yang sifatnya prioritas. Menurutnya, Anies hanya berfokus menyelesaikan program yang mengangkat nama baiknya.

"Yang jadi catatan fraksi yang tidak ada di sini, satu yang dikerjakan Pak Anies bukan program yang prioritas yang jadi kebutuhan rakyat Jakarta. Tapi justru program-program yang untuk mem-branding dia jadi prioritas utama," ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Ima Mahdiah, menjabarkan soal hanya 5 dari 23 janji Anies Baswedan yang berhasil terealisasi. Dia menyebutkan Fraksi PDIP juga mengundang pengamat untuk menyampaikan refleksi itu.

"Hari ini kami membuat acara refleksi 5 tahun Anies, kita mengundang pengamat tata kota dari politik dan bagian riset, dari 23 janji Anies, hanya 5 yang terealisasi," ungkap Ima dalam acara yang sama.

Ima mengatakan salah satu program yang terealisasi adalah pemberian hibah kepada ormas-ormas. Ima menyoroti soal kampanye OK OCE dan membentuk 200 ribu wirausaha. Menurutnya program tersebut belum sepenuhnya terealisasi selama Anies menjabat.

"Tapi yang paling penting, seperti contohnya setiap kampanye mereka selalu menjanjikan OK OCE, membentuk 200 ribu wirausaha. Ini yang terealisasi hanya 6.000, di mana hanya 3 persennya saja," ujar Ima.

Simak selengkapnya pada halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Kata Warga soal Kampung Gembira Gembrong':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT