Azas Tigor Desak Pemprov DKI Cabut Larangan Bawa Hewan Peliharaan Saat CFD

ADVERTISEMENT

Azas Tigor Desak Pemprov DKI Cabut Larangan Bawa Hewan Peliharaan Saat CFD

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 13 Okt 2022 17:20 WIB
Suasana CFD di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2022). (Foto: Karin/detikcom)
Foto Ilustrasi CFD di Bundaran HI. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Azas Tigor memprotes Pemprov DKI Jakarta gegara dilarang membawa anjing saat kegiatan car free day (CFD). Kini, muncul petisi agar larangan membawa hewan peliharaan saat CFD dicabut.

Petisi itu dibuat melalui website change.org. Dilihat pada Kamis (13/10/2022), petisi itu dibuat oleh Azas Tigor. Petisi itu telah ditandatangani oleh 1.548 orang.

Secara terpisah, Azas Tigor memandang kegiatan membawa hewan peliharaan ke kawasan CFD tidaklah mengganggu. Sebab, dia selama ini selalu membawa anjing kesayangannya berkegiatan di kawasan CFD.

"Kegiatan lain yang jelas dikarang dan mengganggu tidak ditertibkan tentu karena ada pembayaran pungutan liar (pungli) atau upeti kepada petugas penyelenggara HBKB atau CFD. Sudah beberapa kali saya mengajak anjing saya, Alpen berolahraga di area HBKB atau CFD dan tidak ada masalah dengan atau mengganggu pengunjung lainnya," kata Azas dalam keterangannya, Kamis (13/10/2022).

Azas juga mempertanyakan apakah aturan itu sudah terlebih dahulu disosialisasikan kepada masyarakat. Dia juga menyebut larangan itu tak pernah disosialisasikan kepada publik. Dia juga menilai larangan yang tercantum dalam keputusan kepala dinas tak memiliki dasar hukum yang kuat.

"Setiap kebijakan atau aturan hukum yang isinya mengatur kegiatan publik saja harus melalui konsultasi publik. Sementara keputusan kepala dinas tentang pelanggaran HBKB atau CFD ini tidak pernah melalui proses konsultasi publik dan tidak pernah disosialisasikan ke publik," tegasnya.

"Sekali lagi, cabut larangan membawa hewan ke area HBKB atau CFD," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan larangan membawa anjing saat kegiatan car free day (CFD) masuk aturan. Setidaknya ada 15 larangan yang berlaku selama hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) berlangsung, termasuk membawa hewan peliharaan.

"Jadi larangannya bukan hanya mengenai tidak boleh bawa hewan anjing, namun juga kegiatan-kegiatan lain yang dapat menimbulkan ketidaktertiban dan ketidaknyamanan bagi masyarakat yang beraktivitas di area HBKB," kata Syafrin Liputo dalam keterangannya, Selasa (11/10/2022).

Syafrin menjelaskan larangan itu tercantum dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor: e-0077 Tahun 2022 tanggal 22 Juni 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan HBKB. Adapun, larangan itu dirumuskan sesuai hasil evaluasi Tim Kerja HBKB Provinsi DKI Jakarta sekaligus masukan masyarakat yang berkegiatan di area HBKB.

"Terdapat 15 kegiatan yang tidak diperbolehkan dalam area HBKB. Ketentuan tersebut merupakan hasil pembahasan Tim Kerja HBKB yang melibatkan sejumlah pihak terkait," tambahnya.

Syafrin menekankan larangan itu dirumuskan demi mencegah potensi ketidaknyamanan saat pemberlakuan CFD. Pasalnya, kegiatan ini kerap diikuti puluhan ribu pengunjung.

"Hal tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan ketertiban dan kenyamanan seluruh lapisan masyarakat yang menghadiri HBKB, di mana jumlahnya rata-rata mencapai 40 ribu orang," katanya.

(taa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT