Menlu Bicara soal Konfirmasi Kehadiran Para Pemimpin Negara di G20

ADVERTISEMENT

Menlu Bicara soal Konfirmasi Kehadiran Para Pemimpin Negara di G20

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 13 Okt 2022 15:54 WIB
Menlu Retno Marsudi
Menlu Retno Marsudi di Amerika Serikat (Gibran/detikcom)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu RI) Retno P Marsudi mengungkapkan perkembangan komunikasi yang dilakukan dengan negara anggota G20 mengenai kehadiran para pemimpin atau leader tiap negara. Retno mengatakan sampai saat ini Indonesia tidak menerima respons negatif terkait kehadiran leaders.

"Mengenai konfirmasi kehadiran para pemimpin. Rekan-rekan, sejauh ini kita tidak menerima respons negatif, kita tidak menerima respons negatif dari semua negara G20 sejauh ini mengenai kehadiran leaders-nya," kata Retno saat jumpa pers, Jumat (13/10/2022).

Retno menuturkan hingga saat ini koordinasi masih terus dilakukan, baik dengan negara anggota G20 maupun dengan negara yang diundang. Retno menyampaikan perwakilan setiap negara tengah melakukan persiapan.

"Koordinasi dengan negara-negara G20 dan juga negara undangan terus dilakukan untuk mempersiapkan partisipasi para pemimpin. Jadi perwakilan-perwakilan mereka di Indonesia terus mempersiapkan ground working-nya untuk kehadiran para leaders-nya," tuturnya.

Lebih lanjut, Retno mengungkapkan persiapan secara logistik sudah berjalan baik. Saat ini Indonesia sedang mematangkan persiapan sampai hari pelaksanaan.

"Secara singkat saya sampaikan semua persiapan logistik berjalan baik dan tinggal beberapa persen lagi yang harus diselesaikan. Persiapan terus kita matangkan hingga hari H, sehingga kita benar-benar siap menggelar perhelatan besar ini.

Simak juga 'Menlu Retno: G20 Tidak Boleh Gagal!':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT