JIS, Legacy Anies di Atas Tanah yang Dijanjikan Pendahulunya

ADVERTISEMENT

5 Tahun Anies

JIS, Legacy Anies di Atas Tanah yang Dijanjikan Pendahulunya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 12 Okt 2022 12:21 WIB
PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Pembangunan stadion tersebut telah mencapai 98%.
Jakarta International Stadium atau JIS (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Jakarta International Stadium (JIS) adalah salah satu peninggalan era kepemimpinan Anies Baswedan, Gubernur Jakarta yang akan purnatugas. JIS berdiri di atas tanah yang dijanjikan pemimpin Jakarta pendahulu Anies.

Agustus, 14 tahun lalu, Gubernur Jakarta Fauzi Bowo menggusur kawasan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Lokasi ini akan dijadikan Taman Bersih, Manusiawi, Berwibawa (BMW). Warga setempat tentu saja protes dan mendemo Foke, panggilan Fauzi Bowo. Saat itu, Foke memang meniatkan lahan ini untuk menjadi stadion internasional.

Mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo (Foke) datang ke Komisi I DPR untuk mengikuti fit and proper test calon Dubes RI di Jerman. Doktor lulusan Jerman ini datang dengan membawa setumpuk map di tangan kirinya.Foke tiba di Gedung Komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9/2013).file/detikfotoMantan Gubernur DKI Fauzi Bowo (Foke). (Rengga Sancaya/detikcom)

Kepemimpinan Jakarta berganti ke Joko Widodo (Jokowi). Peletakan batu pertama (groundbreaking) dilakukan pada pertengahan 2014. Jokowi juga ingin membangun stadion besar di Jakarta selain Gelora Bung Karno, karena GOR Lebak Bulus sudah menjadi tempat proyek MRT saat itu.

Jokowi sudah mengucap soal dana Rp 1,2 triliun untuk membangun stadion di lahan 12,5 hektare di sini. Dua tahun rampung, kata Jokowi pada 2014. Namun kepemimpinan Jakarta berganti ke Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hingga Djarot Saiful Hidayat, stadion belum juga selesai dikerjakan.

Ternyata tanah di taman BMW ini masih menyimpan sengketa. Pemprov DKI bertarung melawan PT BPH di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Singkat cerita, DKI menang. Kasasi dari BPH ditolak Mahkamah Agung (MA) pada 9 Maret 2020.

Pada 2017, Anies mulai menapaki jalan ke Balai Kota Jakarta. Sejak kampanye, dia sudah meniatkan diri membangun stadion untuk Persija.

"Jadi salah satu program utama kita adalah membangun stadion untuk Persija dan rancangannya sudah disiapkan. Ada di website kita, anda bisa lihat rancangannya di sana. Insya Allah akan dikerjakan dengan pola partnership kemitraan antara pemerintah dan swasta.Tapi nggak tahun ini, karena baru dilantik kan Oktober," kata Anies pada 22 April 2017.

Ternyata Anies menang Pilgub DKI 2017. Pada dua tahun selanjutnya, konstruksi pembangunan stadion dimulai. Anies menamainya Jakarta International Stadium (JIS). Proyek dikerjakan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), BUMD DKI.

"Di sini akan didirikan Jakarta International Stadium menjadi stadion sepak bola kelas dunia pertama kali di Indonesia," kata Anies di lokasi itu, memulai pembangunan, 14 Maret 2019.

Jakarta menyiapkan kocek Rp 5 triliun. Tahun itu, Jakarta sudah mendapat Penyertaan Modal Daerah (PMD) sebesar Rp 900 miliar.

Selanjutnya, pembangunan stadion selesai:

Tonton juga Video: Kelakar Kaesang soal JIS: Coba Namanya JawaBarat, Auto Standar FIFA

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT