Bea Cukai Sita Ribuan Bungkus Rokok Ilegal di Kabupaten Bogor

ADVERTISEMENT

Bea Cukai Sita Ribuan Bungkus Rokok Ilegal di Kabupaten Bogor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 11 Okt 2022 15:45 WIB
Bea Cukai sita rokok ilegal di Bogor
Bea Cukai menyita ribuan bungkus rokok ilegal di Bogor. (Foto: dok. Istimewa)
Bogor -

Bea cukai menyita 1.553 bungkus rokok ilegal di kawasan Cigombong, Kabupaten Bogor. Ribuan bungkus rokok ilegal tersebut disita dari tiga tempat berbeda.

"Itu kan kegiatan dari pusat, mulai tahun 2020 itu kan Setda dilibatkan. Ada kegiatan kerja sama dengan Bea Cukai untuk penindakan barang kena cukai ilegal. Dalam hal ini rokok lah," kata Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Bogor Emy Sriwahyuni saat dihubungi, Selasa (11/10/2022).

Emy mengatakan Pemerintah Kabupaten Bogor bertugas mengawasi peredaran rokok ilegal tersebut. Terkait penindakan, menurut dia, itu merupakan kewenangan dari Bea Cukai.

"Tapi untuk pemda, kita tidak punya kewenangan untuk penindakan. Jadi kita hanya mencari informasi, sosialisasi, kemudian melaporkan ke Bea Cukai. Nanti kita mendampingi Bea Cukai dalam penindakan. Tetap kewenangannya di Bea Cukai," bebernya.

Ribuan bungkus rokok yang disita tersebut diduga dari pengepul. Emy menyebut peredaran rokok ilegal itu merugikan negara.

"Rokoknya tanpa cukai. Jadi kan kalau menyalahi aturan itu kan tidak ada cukai atau tempelan gitu. Sebutannya rokok polos lah. Jadi dia tidak bayar cukai, jadi kan merugikan negara," paparnya.

Semua barang bukti tersebut kemudian diserahkan ke Bea Cukai. Sementara para pelaku juga diserahkan ke bea cukai untuk ditindaklanjuti

"Nanti Bea Cukai yang menindak lanjuti. Kalau Pemda hanya menyampaikan informasi ke Bea Cukai," pungkasnya.

Lihat juga video 'Bea Cukai Asahan Musnahkan Barang Impor Ilegal Senilai Rp 3,7 M':

[Gambas:Video 20detik]




(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT