Menag Serahkan Rp 1 M ke Katedral Jakarta: Negara Hadir untuk Semua Agama

ADVERTISEMENT

Menag Serahkan Rp 1 M ke Katedral Jakarta: Negara Hadir untuk Semua Agama

Silvia Ng - detikNews
Senin, 10 Okt 2022 16:36 WIB
Menag Yaqut serahkan bantuan Rp 1 miliar untuk Gereja Katedral Jakarta (Silvia-detikcom)
Menag Yaqut menyerahkan bantuan Rp 1 miliar untuk Gereja Katedral Jakarta. (Silvia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas menyerahkan bantuan Rp 1 miliar ke pihak Gereja Katedral Jakarta. Bantuan ini diserahkan ke Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Gereja Katedral Jakarta, Senin (10/10/2022). Yaqut didampingi Plt Dirjen Bimas Katolik AM Adiyarto Sumardjono, Dirut Agama Bimas Katolik Aloma Sarumaha, serta Pastor Kepala Gereja Katedral Jakarta Romo Albertus Hani Rudi Hartoko.

Bantuan tersebut bersumber dari anggaran Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama. Yaqut mengatakan pemberian bantuan ini merupakan simbol negara hadir untuk semua agama.

"Ini simbolisasi bahwa negara hadir untuk semua umat beragama termasuk umat Katolik," kata Yaqut di Gereja Katedral Jakarta.

"Jadi tidak ada namanya negara berpihak pada salah satu agama, tidak. Semua agama di Indonesia harus, pemerintah harus hadir," sambungnya.

Yaqut mengatakan pihaknya menyerahkan penggunaan bantuan ini kepada pihak Gereja Katedral Jakarta. Dia berharap bantuan tersebut bisa digunakan untuk pemeliharaan dan operasional gereja.

"Ya nanti kita serahkan penggunaannya kepada pihak Katedral, kita hanya berharap semoga ini bermanfaat," kata Yaqut.

Pastor Kepala Gereja Katedral Jakarta Romo Albertus Hani Rudi Hartoko mengucapkan terima kasih kepada Kemenag. Dia mengatakan bantuan itu akan digunakan untuk membenahi sejumlah sarana-prasarana yang ada di gereja.

"Perlengkapan tata suara dan visual yang akan dibeli telah dipilih dari segi kualitas dan pemasangan yang tidak merusak," kata Romo Hani.

Romo Hani juga menyebut pihaknya akan melakukan renovasi tata cahaya yang sesuai dengan karakteristik interior gereja berarsitektur neo-gotik Eropa itu.

(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT