ADVERTISEMENT

Malam-Malam, Anies Tinjau Halte Bundaran HI

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 23:53 WIB
Anies tinjau Halte Bundaran HI (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Foto: Anies tinjau Halte Bundaran HI (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi Halte Bundaran HI di Jakarta Pusat malam hari ini. Anies meninjau fasilitas sky deck view yang berada di lantai 2 Halte Bundaran HI.

Pantauan detikcom di lokasi, Anies Baswedan tiba di Halte Bundaran HI pada Jumat (7/10/2022) pukul 23.15 WIB. Anies memakai kemeja berwarna putih beserta jaket JAKI berwarna biru dongker.

Anies tampak didampingi oleh Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Aditya dan Direktur Operasional PT Transjakarta M Indrayana. Setibanya di lokasi, dia langsung menuju lantai 2 halte.

Sambil mendampingi Anies, Direktur Operasional Transjakarta Indrayana menjelaskan sejumlah fasilitas yang terdapat di halte ini. Di lantai ini, terdapat maket atau bentuk tiruan dari revitalisasi empat halte ikonik yang tengah dilakukan Transjakarta.

Di antaranya ialah Halte Dukuh Atas 1, Halte Bundaran HI-Halte Tosari yang berkonsep kembar (twin) tapi tak sama. Kemudian Halte Thamrin dan Halte Integrasi Cikoko Stasiun Cawang.

Setelahnya, Anies dkk beranjak ke fasilitas sky deck view yang berlatar belakang Patung Selamat Datang, Bundaran HI. Pengelola membatasi jumlah penumpang yang menaiki fasilitas ini dibatasi hanya 20 orang.

"Ini adalah sky deck view yang kita batasi 20 orang," jelas Indrayana kepada Anies, Jumat (7/10/2022).

Anies tinjau Halte Bundaran HI (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)Foto: Anies tinjau Halte Bundaran HI (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

Sky deck view berada di ketinggian 12 meter di atas permukaan tanah. Anies, Yana dan Indrayana tampak berbincang di atas sky deck view.

Sebagaimana diketahui, PT TransJakarta mulai melakukan uji coba Halte Bundaran HI, Jakarta Pusat (Jakpus). Proyek revitalisasi halte ini sempat dikritik Sejarawan JJ Rizal karena dianggap menghalangi pandangan ke Patung Selamat Datang.

Halte ini sendiri terdiri dari dua lantai. Saat ini, penumpang baru bisa menggunakan lantai dasar halte ini.

Area lantai atas masih dalam tahap konstruksi dan ditutup dengan terpal putih. Selain itu, terlihat juga besi-besi penyangga konstruksi di beberapa area halte yang belum rampung.

"Selama masa uji coba, area lantai 2 dan beberapa fasilitas belum dapat digunakan," demikian isi tulisan pada pemberitahuan di depan tangga menuju lantai 2.

Uji coba sendiri telah dimulai sejak Kamis (6/10). Warga sudah bisa naik dan turun bus TransJakarta di halte ini.

Nantinya, halte ini disebut bakal dilengkapi area komersial, toilet, musala, lift prioritas, hingga area anjungan di lantai atas. Namun, fasilitas itu belum selesai dibangun.

Sejarawan JJ Rizal meminta Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyetop pembangunan halte sekitar Bundaran HI karena dianggap menghalangi pandangan ke Patung Selamat Datang. JJ Rizal tetap meminta proyek itu disetop meski Anies menyatakan pembangunan tetap dilanjutkan.

"Saya sih tetap mendesak," kata JJ Rizal kepada detikcom, Senin (3/10).

(taa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT