ADVERTISEMENT

Hujan Deras Landa Bogor, Banjir dan Longsor Terjadi di Sejumlah Titik

Muchamad Sholihin - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 20:00 WIB
Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Ilustrasi tanah longsor (Andhika/detikcom)
Bogor -

Hujan deras melanda Kota Bogor. Hal ini mengakibatkan tanah longsor dan banjir di sejumlah titik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofilo Patricinio Freitas mengatakan tanah longsor terjadi di Cilendek Barat, Kota Bogor. Di titik ini, tebing setinggi 2 meter dan panjang 10 meter mengalami longsor.

"Tidak ada korban jiwa maupun rumah terdampak dalam kejadian ini. Tetapi longsor mengancam satu rumah warga. Jadi, kalau terjadi longsor susulan, rumah bisa terdampak, bisa terbawa longsor," kata Theofilo dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Theofilo menyebut tanah longsor diduga akibat tanah di tebing tersebut labil setelah diguyur hujan deras.

"Longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah tersebut. Diduga tanah kemudian gembur dan terjadi longsor. Anggota sudah ke lokasi untuk asesmen. Sejauh ini tidak ada warga yang mengungsi akibat longsor itu," kata Theo.

Selain itu, banjir lintasan sempat terjadi di Kelurahan Kedungwaringin, Tanahsareal, Kota Bogor. Sebanyak empat rumah terendam dengan ketinggian air hingga 100 sentimeter. Banjir lintasan disebabkan oleh tanggul aliran sungai yang jebol.

"Banjir dengan ketinggian 100 sentimeter ini merendam beberapa rumah warga. Jebolnya tanggul pembatas sungai menjadi salah satu penyebab banjir di wilayah ini. Banjir kian surut dengan berhentinya intensitas hujan. Enam keluarga, 16 jiwa terdampak pada kejadian banjir ini," kata Theofilo.

"Banjir sudah surut, itu kan hanya banjir lintasan, sudah surut lagi. Warga juga tidak ada yang mengungsi," tambahnya.

Bencana longsor juga terjadi di Kelurahan Kebon Kelapa, Bogor Tengah, Kota Bogor. Di titik ini, tebing setinggi sekitar 10 meter dan panjang 20 meter mengalami longsor. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB tadi.

Detik-detik kejadian longsor itu juga sempat terekam kamera ponsel warga. Dalam video itu tampak tebing yang berada di belakang permukiman warga itu bergerak secara perlahan. Tak lama kemudian, tebing tersebut ambrol berikut pohon yang tumbuh di sekitarnya.

"Tuh kadie tuh (tuh ke sini tuh)," kata perekam ketika tebing mulai ambrol.

Dalam video tersebut juga terlihat seorang warga yang sempat berlari menjauh dari tebing karena khawatir longsoran meluas dan terkena dampaknya.

"Iya, betul kejadian longsornya itu tadi siang, tidak ada korban jiwa. Tidak ada rumah yang terdampak, itu tebing agak jauh dari permukiman. Hanya, ada bangunan MCK yang tertimbun," kata Camat Bogor Tengah Abdul Wahid ketika dimintai konfirmasi.

Simak juga video 'Lihat Lagi Titik Banjir di Jakarta dan Sekitarnya yang Sempat Lumpuhkan Lalin':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT